Valentino Rossi Heran Dirinya Tak Sejago Dulu saat Tampil di Sirkuit Jerez
2 min read

Valentino Rossi Heran Dirinya Tak Sejago Dulu saat Tampil di Sirkuit Jerez

Valentino Rossi Heran Dirinya Tak Sejago Dulu saat Tampil di Sirkuit Jerez
Rossi tampil melempem saat melakoni sesi latihan bebas pertama dan kedua di MotoGP Spanyol 2021.

JEREZ – Pembalap Tim Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi, merasa kecewa karena tampil sangat buruk di hari pertama sesi latihan bebas MotoGP Spanyol 2021 pada Jumat 30 April 2021 kemarin. Rossi pun merasa heran kenapa dirinya sangat sulit mengeluarkan penampilan terbaiknya di Sirkuit Jerez, Spanyol tersebut.

Padahal menurut Rossi, dulu ia sangat jago ketika mentas di Sirkuit Jerez. Terbukti di antara pembalap aktif MotoGP saat ini, Rossi adalah rider dengan jumlah kemenangan terbanyak di Sirkuit Jerez, yakni dengan sembilan kemenangan di berbagai kelas.

Jumlah sembilan kemenangan di Sirkuit Jerez itu membuat Rossi menempati posisi kedua dalam daftar pembalap yang paling banyak menang di sejarah GP Spanyol. Jadi, masa lalu itu memperlihatkan bahwa Rossi adalah jagoannya di Sirkuit Jerez.

Valentino Rossi
Valentino Rossi

Akan tetapi, pada kenyataannya Jerez tak lagi sama. Tentunya yang berubah bukan sirkuitnya, melainkan The Doctor yang kini sudah tak muda lagi.

Meski begitu, Rossi menyebut masalah utama yang membuat dirinya kesulitan mendapatkan kecepatan terbaik di Sirkuit Jerez pada hari pertama sesi latihan bebas MotoGP Spanyol 2021 itu karena ban belakangnya.

Berdasarkan apa yang dirasakan Rossi, ia memiliki masalah terhadap cengkraman pada ban belakang, terutama ketika ia memakai ban bertipe soft. Cuaca pun disebut Rossi ikut mempengaruhi kualitas bannya sehingga ia pun kesulitan mendapatkan kecepatan terbaik.

“Di masa lalu, ketika saya tampil di Jerez, sirkuit tersebut selalu menjadi lintasan yang bagus untuk saya dan saya memiliki beberapa kenangan indah di trek ini,” cerita Rossi, seperti yang disadur dari laman resmi Sepang Racing, Sabtu (1/5/2021).

“Sayangnya hari ini sangat sulit dan saya menderita masalah cengkraman pada ban belakang, terutama dengan saat memakai ban bertipe soft. Untungnya kondisi trek yang lebih hangat di sore hari membantu memberi kami sedikit daya cengkraman,” tambahnya.

Valentino Rossi
Valentino Rossi

“Kami pun setidaknya berhasil meraih sedikit hasil yang lebih baik. Menurut saya kecepatan balap kami lebih baik daripada langkah satu putaran kami,” lanjut rekan setim Franco Morbidelli tersebut

Rossi sendiri menempati posisi ke-20 saat tampil di sesi latihan bebas pertama MotoGP Spanyol 2021. Sedangkan pada sesi latihan bebas keduanya, Rossi justru turun dan berada di peringkat ke-21.