Valentino Rossi: Banyak Perubahan di MotoGP, tetapi Kadang Tak Mungkin
2 min read

Valentino Rossi: Banyak Perubahan di MotoGP, tetapi Kadang Tak Mungkin

PIERRE-PHILIPPE MARCOU / AFP
Pebalap Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi, ketika tampil pada latihan bebas ketiga MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez, Spanyol, Sabtu (1/5/2021).

NONTONGP.COM - Pebalap Petronas Yamaha SRT Valentino Rossi memahami bahwa saat ini banyak perubahan yang terjadi di MotoGP dengan cepat.

Akan tetapi, Valentino Rossi merasa terkadang perubahan tersebut tidak mungkin terjadi.

Pada balapan di MotoGP Spanyol, di Sirkuit Jerez, Rossi kembali gagal meraih podium.

The Doctor, julukan Rossi, hanya finis di posisi ke-17 dengan catatan waktu 41 menit 28,33 detik, tertinggal 22,7 detik dari sang juara Jack Miller (Ducati).

Padahal, pada musim lalu di MotoGP Andalusia, dengan catatan waktu hampir identik, 41 menit 28,21 detik, Rossi bisa finis di peringkat ketiga, beda 5,5 detik di belakang sang juara saat itu, Fabio Quartararo.

Fakta inilah yang membuat Valentino Rossi merasa heran dan tak bisa menjelaskan penyebab kegagalannya tampil sekompetitif musim lalu.

Dia hanya bisa mengatakan bahwa segala yang ada di MotoGP saat ini telah berubah dengan sangat cepat dari tahun ke tahun.

"Kami mencoba (memakai setelan) motor seperti tahun lalu, memang tidak sama persis, tetapi di atas kertas, harusnya sedikit lebih baik. Namun, entah kenapa, saya malah lebih kesulitan," tutur Rossi, dikutip dari Crash.

"Selain itu, ban tahun ini dan tahun lalu juga lebih kurang sama saja, tetapi kami tidak bisa mendapatkan grip yang sama," katanya.

"Memang betul bahwa dalam MotoGP semua berubah sangat cepat dari tahun ke tahun, tetapi itu menjadi tanda tanya bagi kami," ucap Rossi.

"Banyak performa berubah dan semua orang mencoba untuk membuat sesuatu lebih baik, tetapi terkadang, itu tidak mungkin," kata Rossi.

Hingga balapan keempat MotoGP 2021, The Doctor masih belum bisa menemukan irama atau lajunya di atas motor YZR-M1 spek terkini.

Valentino Rossi bahkan hanya bisa menempati posisi start ke-17.

Saat balapan berjalan, posisi Rossi sempat melorot ke urutan ke-19, tetapi dia lalu mampu memperbaiki posisinya dan menempati posisi ke-16.

Namun, sebuah kesalahan yang dibuat Valentino Rossi membuat dia kembali ke posisi 17 usai disalip sang adik tiri, Luca Marini.

Posisi Rossi tersebut bertahan sampai melewati garis finis di Sirkuit Jerez.

Dengan hasil dari balapan MotoGP Spanyol 2021, Rossi masih tertahan di papan bawah klasemen sementara pembalap musim ini, tepatnya di peringkat ke-21.

The Doctor baru punya 4 poin, sama banyak dengan milik sang adik tiri yang notabene berstatus pebalap musim pertama alias rookie untuk tim Avintia Racing. (Diya Farida Purnawangsuni)

Penulis: Eris Eka JayaEditor: Eris Eka Jaya