Tim Valentino Rossi Disponsori Perusahaan Milik Pangeran Arab Saudi, Bakal Tampil di MotoGP 2022
2 min read

Tim Valentino Rossi Disponsori Perusahaan Milik Pangeran Arab Saudi, Bakal Tampil di MotoGP 2022

Luca Marini
Luca Marini kendarai motor Ducati Desmosedici pada sesi tes shakedown MotoGP Qatar. (Twitter/SKY Racing VR46)

NONTONGP.COM, Jakarta - Tim VR46 mendapatkan sponsor baru. Tanal Entertainment Sport & Media resmi mengumumkan kerja sama dengan VR46 Team, tim balap Valentino Rossi, pada MotoGP 2022.

Tim ini akan mendapatkan sponsor utama baru yang akan menggantikan Sky, yakni Saudi Aramco. Demikian bunyi rilis resmi Tanal Entertainment Sport & Media, Rabu (28/4/2021).

Kabar ini sejatinya sudah ramai diperbincangkan oleh para penghuni paddock sejak Minggu (25/4/2021). Seperti diketahui, sejak Seri Qatar pada 26-28 Maret lalu, tim VR46 baik di MotoGP maupun Moto2 telah mulai disponsori oleh Tanal Entertainment Sport & Media, yakni perusahaan milik Pangeran Abdulaziz bin Abdullah Al Saud.

Perusahaan ini memang belakangan sedang giat-giatnya mempromosikan 'Saudi Vision 2030', yang fokus pada pariwisata Arab Saudi, begitu pula industri konstruksi dan teknologi ramah lingkungan. Bagi perusahaan ini, tak ada yang lebih baik dari Valentino Rossi dan VR46 untuk dijadikan alat promosi proyeknya lebih jauh pada 2022 nanti.

VR46 sejatinya sudah turun di MotoGP 2021, tapi melebur dengan Esponsorama Racing. Esponsorama akan mundur akhir tahun nanti, hingga slotnya hampir pasti diambil alih sepenuhnya oleh VR46 tahun depan. Belum dipastikan pabrikan mana yang dipilih VR46, namun kabarnya tim asal Tavullia, Italia, ini bertekad bertahan di Ducati.

Dalam pernyataan resminya, Tanal Entertainment Sport & Media belum menyebutkan pabrikan mana yang jadi pilihan dan berapa motor yang akan diturunkan di MotoGP 2022. Namun, jika benar bertahan di Ducati, maka kemungkinan besar line up pembalapnya juga takkan berubah: Luca Marini akan tetap bertandem dengan Enea Bastianini.

Bastianini memang bukan anggota VR46 Riders Academy, namun juara dunia Moto2 2020 itu terikat kontrak dengan Ducati. VR46 dikabarkan meminta setidaknya satu motor Desmosedici spek pabrikan. Keputusan soal siapa yang akan meraihnya pada 2022 akan diambil berdasarkan siapa di antara Marini dan Bastianini yang meraih hasil lebih baik pada 2021.

Pernyataan Resmi Tanal Entertainment Sport & Media

Luca Marini (kanan) mendapat sambutan dari sang kakak, Valentino Rossi ketika finis tiga besar pada salah satu balapan Moto2 2020. (LLUIS GENE / AFP)
Luca Marini (kanan) mendapat sambutan dari sang kakak, Valentino Rossi ketika finis tiga besar pada salah satu balapan Moto2 2020. (LLUIS GENE / AFP)

"Tanal Entertainment Sport & Media, perusahaan dari Pangeran Abdulaziz bin Abdullah Al Saud, dengan bangga mengumumkan kesepakatan strategis yang penting dengan VR46 Team, perusahaan Valentino Rossi, dalam waktu dekat di MotoGP," tulis mereka dalam pernyataan resmi.

"Pada 2022, VR46 Team akan menjalani debut di kelas MotoGP bersama Tanal Entertainment Sport & Media dengan Saudi Aramco sebagai sponsor utama baru untuk periode 2022-2026: ARAMCO Racing Team VR46 akan turun lintasan didukung oleh sponsor-sponsor dunia penting lainnya."

"Saudi Aramco, perusahaan yang sudah terlibat sangat dalam dunia balap, termasuk Formula 1, akan masuk ke Kejuaraan Dunia MotoGP 2021 lewat VR46 Team."

Sumber: Sky Sport, Tanal Entertainment Sport & Media

Disadur dari: Bola.net (Penulis Anindhya Danartikanya, published 28/4/2021)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini