Tim Valentino Rossi Akan Debut di MotoGP 2022, Disponsori Arab Saudi
2 min read

Tim Valentino Rossi Akan Debut di MotoGP 2022, Disponsori Arab Saudi

David Goldman
Valentino Rossi saat sesi tes Qatar jelang MotoGP 2021

NONTONGP.COM - Tim besutan Valentino Rossi, VR46, resmi akan tampil pada MotoGP 2022. Mereka mendapat dukungan dari perusahaan minyak milik kerajaan Arab Saudi, Aramco.

Melansir Crash, VR46 dan Aramco sudah mencapai kesepakatan untuk bekerja sama. Tim yang akan dinamai Aramco Racing Team VR46 itu akan berkompetisi mulai musim 2022 hingga 2026.

Kabar ini diumumkan langsung oleh Tanal Entertainment Sport & Media, yang juga merupakan perusahaan Pangeran Arab Saudi Abdulaziz bin Abdullah Al Saud.

"Tanal Entertainment Sport & Media, perusahaan induk HRH Pangeran Abdulaziz bin Abdullah Al Saud, dengan bangga mengumumkan kesepakatan strategis dengan Tim VR46, milik Valentino Rossi, untuk masa depan MotoGP," bunyi siaran pers dari Tanal Entertainment Sport & Media, Rabu (28/4/2021).

"Pada 2022 Tim VR46 akan debut di kelas MotoGP bersama Tanal Entertainment Sport & Media dengan Saudi Aramco, sebagai sponsor utama baru untuk periode 2022-2026. ARAMCO Racing Team VR46 akan turun ke lintasan didukung oleh sponsor penting lainnya."

Dalam pernyataan resminya Tanal Entertainment Sport & Media belum mengumumkan pabrikan mana yang menjadi pilihan mereka untuk MotoGP musim depan.

Ada beberapa kemungkinan, mereka bisa bergabung dengan Suzuki yang memang sedang berencana membentuk tim satelit untuk musim depan.

Bisa juga dengan menggandeng Aprilia. Aprilia adalah motor yang dipakai Rossi saat debut di Kejuaraan Dunia dan memenangi dua gelar juara dunia pertamanya di kelas 125 cc dan 250 cc.

Kemungkinan lainnya, tim Aramco Racing Team VR46 akan membalap dengan motor Ducati mulai musim depan.

Ducati adalah motor yang digunakan oleh tim VR46 di MotoGP 2021, tetapi mereka melebur dengan Esponsorama Racing.

Esponsorama Racing sendiri akan mundur pada akhir musim ini, sehingga kemungkinan slotnya akan diambil alih seluruhnya oleh VR46 tahun depan.

Jika benar bertahan di Ducati, line-up pebalap tim Valentino Rossi sepertinya tidak akan berubah.

Enea Bastianini akan tetap bertandem dengan Luca Marini. Ada kemungkinan juga Franco Morbidelli masuk.

Morbidelli adalah salah satu murid Rossi VR46 Riders Academy, tetapi dia tidak berpikir menjadi kandidat pebalap tim besutan gurunya.

"Saya sudah menghabiskan empat tahun di MotoGP dan, ya saya masih muda, tapi saya tidak semuda itu! Jadi saya tidak berpikir saya menjadi target tim VR46 Riders 'Academy," ucapnya.

Penulis: Faishal RaihanEditor: Faishal Raihan