Tak Mau Ambil Risiko, Marc Marquez Hanya Selesaikan 7 Lap di Tes Pascabalap Jerez
2 min read

Tak Mau Ambil Risiko, Marc Marquez Hanya Selesaikan 7 Lap di Tes Pascabalap Jerez

Tak Mau Ambil Risiko, Marc Marquez Hanya Selesaikan 7 Lap di Tes Pascabalap Jerez
Marquez harus menjalani tes balap yang singkat di Sirkuit Jerez, Spanyo.l.

JEREZ – Pembalap Tim Repsol Honda, Marc Marquez, menjalani tes pascabalap MotoGP 2021 yang singkat di Sirkuit Jerez, Spanyol pada Senin 3 Mei 2021. Ia hanya menyelesaikan tujuh putaran setelah kondisi fisiknya dalam keadaan yang tidak baik.

Berdasarkan hasil tes pascabalap, Marquez harus puas menempati urutan ke-16. Namun, pencapaian tersebut terbilang wajar karena pembalap berjuluk The Baby Alien itu tidak bertahan lama ketika berada di sirkuit.

Marc Marquez
Marc Marquez

Marquez mengatakan bahwa leher dan bahu kanannya terasa kaku saat mencoba menjalani tes. Tak ingin mengambil risiko, kakak dari Alex Marquez itu akhirnya memutuskan untuk menghentikan sesi tes pascabalapnya.

Kondisi ini juga tidak lepas dari beberapa insiden yang menimpanya saat melakoni sesi latihan bebas MotoGP Spanyol 2021. Marquez mengakui bahwa kecelakaan yang ia alami pada Sabtu lalu justru memperlambat pemulihan kondisi fisiknya.

“Hari ini kami tidak benar-benar melakukan tes, hanya sekali keluar ke lintasan karena pada putaran kedua tubuh saya sudah seperti terkunci,” ungkap Marquez, mengutip dari laman resmi Tim Repsol Honda, Selasa (4/5/2021).

“Leher dan bahu kanan saya kaku, mirip dengan setelah Portimao tetapi tidak separah yang itu. Kecelakaan yang saya alami pada Sabtu tidak membantu kondisi fisik saya,” tambahnya.

“Saya pikir mungkin hari ini ketika tubuh saya menghangat akan lebih baik, dan ketika saya mencoba saya langsung tahu bahwa saya tidak dalam level yang baik dalam bermotor,” lanjutnya.

“Kami berbicara sebagai satu tim dan memutuskan untuk menghentikan tes. Kami perlu memahami bahwa kami meningktkan langkah demi langkah,” sambungnya.

Marc Marquez
Marc Marquez

Keputusan Marquez untuk menghentikan sesi tes juga tidak lepas dari keinginannya menjaga kondisi untuk balapan berikutnya dua pekan mendatang. Seri kelima MotoGP 2021 akan berlangsung di Sirkuit Bugatti, Le Mans, Prancis, pada Minggu 16 Mei 2021 malam WIB.

“Target berikutnya adalah Le Mans, di mana kami akan mencoba untuk meningkatkan kinerja kami lagi,” pungkas pembalap berusia 28 tahun tersebut.