Rahasia Performa Morbidelli Ungguli Rossi dan Quartararo
2 min read

Rahasia Performa Morbidelli Ungguli Rossi dan Quartararo

Rahasia Performa Morbidelli Ungguli Rossi dan Quartararo

Pembalap Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli, menjadi rider terbaik Yamaha yang meraih hasil terbaik pada hari pertama GP Valencia di Sirkuit Ricardo Tormo, Jumat (13/11/2020).

Franco Morbidelli menjadi pembalap tercepat kedua pada sesi latihan bebas pertama (FP1) dan k-13 pada FP2, menggungguli rekan satu timnya, Fabio Quartararo dan gurunya, Valentino Rossi.

Franco Morbidelli berada di urutan kedelapan dari hasil sementara kombinasi latihan bebas pada hari pertama, disusul Maverick Vinales di urutan ke-10.

Sementara itu, Rossi dan Quartararo terlempar dari urutan 10 besar.

"Quartararo kuat di Jerez dan Barcelona, ​​sementara saya kuat di lebih banyak trek. Paket mesin saya kuat dan konsisten musim ini dan saya mampu memanfaatkannya sebaik mungkin," kata Morbidelli..

Mayoritas pembalap Yamaha menderita dan mengeluhkan masalah teknis pada M1.

Quartararo mengaku tidak pernah merasakan M1 baru seperti miliknya dan dia tidak pernah merasakan sensasi yang sama dengan motor yang digunakan pada  2019.

"Memiliki motor pabrikan selalu lebih baik, tetapi tampaknya motor saya sangat kuat ini. Saya pikir saya bisa cepat di trek yang berbeda dari pembalap Yamaha lainnya," ujar Morbidelli.

"Saya naik podium di Aragon, Misano dan di Brno akan menjadi kemenangan jika bukan karena KTM yang tampil lebih baik daripada produsen lainnya. Paket saya kuat dan konsisten daripada Fabio."

"Sekarang kami harus melihat dan memahami apa keputusan Yamaha nantinya. Saya merasa sangat baik dengan motor ini, tidak ada gunanya menyangkalnya," aku pembalap Italia itu.

Morbidelli mengaku puas dengan performa yag dia dapat pada hari pertama di Valencia.

"Hari ini adalah hari yang positif, saya cepat dan konsisten dengan dua ban berbeda dan saya berada di 10 besar. Saya tidak tahu masalah apa yang Fabio hadapi hari ini dan saya bahkan belum mendengar apa pun tentang pembalap Yamaha lainnya."

"Yang saya tahu adalah bahwa saya merasa sangat baik dengan motor dan memiliki potensi besar. Saya mencoba berbagai set-up dan ban untuk lebih memahami cara bekerja motor dan itu berjalan dengan baik," tutur Morbidelli.

"Saya tidak tahu apa-apa tentang apa yang telah dilakukan dan dicoba oleh pembalap lain," ujar Morbidelli.

Disinggung apakah Morbidelli mengejar kemenangan pada GP Valencia demi mengejar Joan Mir, Morbildelli mengaku ingin menjaga kecepatan.

"Saya memulai dengan langkah yang benar, tetapi untuk mengatakan bahwa saya favorit untuk kemenangan hari Minggu agak terlalu dini. Kita lihat saja nanti. Hari ini saya akan  berjuang untuk posisi terdepan, tetapi kualifikasi besok (hari ini) dan kami akan melakukannya," ucap Morbidelli.

Sesi latihan bebas ketiga dan kualifikasi GP Valencia dijadwalkan pada Sabtu (14/11/2020).