Pengakuan Fabio Quartararo Usai Rebut Pole Position MotoGP Spanyol 2021
2 min read

Pengakuan Fabio Quartararo Usai Rebut Pole Position MotoGP Spanyol 2021

KARIM JAAFAR
Monster Energy Yamaha MotoGP's French rider Fabio Quartararo rides during a qualifying session ahead of the Moto GP Grand Prix of Doha at the Losail International Circuit, in the city of Lusail on April 3, 2021. (Photo by KARIM JAAFAR / AFP)

NONTONGP.COM - Pebalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo, berhasil merebut pole position pada MotoGP Spanyol 2021.

Fabio Quartararo meraih pole position setelah menjadi pebalap tercepat pada sesi kualifikasi MotoGP Spanyol yang berlangsung di Sirkuit Jerez, Sabtu (1/5/2021) malam WIB.

Pada sesi kualifikasi MotoGP Spanyol 2021, Fabio Quartararo mencatatkan waktu lap 1 menit 36,755 detik.

Dia unggul 0,057 detik atas mantan rekan setimnya di tim Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli, yang menduduki peringkat kedua.

Selain Franco Morbidelli, Quartararo juga mengungguli pebalap andalan tim pabrikan Ducati, Jack Miller.

Jack Miller menempati peringkat ketiga dengan catatan waktu lap 1 menit 36,860 detik atau terpaut 0,105 detik dari Fabio Quartararo.

Bagi Quartararo, ini adalah pole position kedua yang ia raih secara beruntun pada MotoGP musim 2021.

Sebelumnya, dia juga meraih pole position pada seri MotoGP Portugal di Sirkuit Algarve, 18 April 2021.

Secara keseluruhan, ini adalah pole position ke-12 yang ia torehkan selama berkarier di kelas MotoGP.

Quartararo menyamai koleksi pole position milik rekan setimnya, Maverick Vinales, hingga legenda MotoGP, Johnny Cecotto.

Di balik pencapaian tersebut, Fabio Quartararo mengakui bahwa dirinya mengalami kesulitan saat tampil pada sesi kualifikasi MotoGP Spanyol 2021.

Kesulitan yang dirasakan Fabio Quartararo terwujud lewat penampilan agresif dari para pesaingnya.

"Hari ini sangat sulit. Pada kualifikasi kali ini, saya jauh dari sempurna dan saya tidak secepat musim lalu. Mereka (para pebalap) benar-benar melebihi batas," kata Quartararo, dikutip dari Tuttomotoriweb.

Selanjutnya, Quartararo mengakui bahwa penampilan agresif dari para pesaing telah memacu dirinya untuk mencapai kecepatan maksimal.

Bahkan, Quartararo mengira akan mengalami crash atau kecelakaan ketika melancarkan serangan waktu demi meraih pole position.

"Di tikungan 6 dan 13 saya benar-benar harus mendorong secara maksimal, saya pikir saya akan mengalami crash," ujar Quartararo.

Terlepas dari segala kesulitan, Quartararo tampak puas setelah meraih pole position dan akan memulai balapan MotoGP Spanyol, Minggu (2/5/2021) malam WIB, dari urutan terdepan.

"Akan tetapi, yang paling penting adalah berada di posisi terdepan. Saya memiliki keyakinan yang sama seperti yang saya miliki di Qatar dan Portimao," tutur Quartararo sambil mengingat penampilan di tiga seri pembuka MotoGP 2021.

Penulis: Benediktus Agya PradiptaEditor: Ferril Dennys