MotoGP Spanyol, Vinales Punya Doa Buruk untuk Fabio Quartararo
2 min read

MotoGP Spanyol, Vinales Punya Doa Buruk untuk Fabio Quartararo

KARIM JAAFAR
Monster Energy Yamaha MotoGP's Spanish rider Maverick Vinales rides during a qualifying session ahead of the Moto GP Grand Prix of Doha at the Losail International Circuit, in the city of Lusail on April 3, 2021. (Photo by KARIM JAAFAR / AFP)

NONTONGP.COM - Pebalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales, terlihat geram setelah dirinya kembali dikalahkan rekan satu timnya, Fabio Quartararo, pada Kualifikasi MotoGP Spanyol.

Kualifikasi MotoGP Spanyol 2021 dihelat di Sirkuit Jerez, Sabtu (1/5/2021).

Fabio Quartararo sukses menjadi pebalap terbaik pada Kualifikasi MotoGP Spanyol seusai mencatatkan waktu putaran 1 menit 35,755 detik.

Fabio Quartararo nantinya akan memulai balapan MotoGP Spanyol dari grid terdepan bersama Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) dan Jack Miller (Ducati).

Di sisi lain, Vinales harus memulai balapan dari grid ketiga tepatnya di urutan ketujuh.

Seusai Kualifikasi MotoGP Spanyol, Vinales sangat kecewa karena dirinya gagal memenuhi target start dari grid terdepan.

Vinales terlihat lebih kesal lagi ketika mengetahui Quartararo kembali berhasil merebut pole position.

Melihat starting grid MotoGP Spanyol, Vinales berharap duo Ducati, yakni Jack Miller dan Francesco Bagnaia, bisa menekan Quartararo pada awal balapan.

Sebab, Vinales memperikirakan dirinya berada di barisan terdepan balapan setelah menyelesaikan enam putaran.

"Ini bukan drama. Saya tidak mau mengambil risiko (saat kualifikasi). Posisi saya di starting grid tidak terlalu buruk," kata Vinales dikutip dari situs Speedweek.

"Saya berharap pebalap Ducati bisa menghambat Quartararo agar dia tidak melaju sendirian. Pebalap Ducati juga sangat kuat di sini," ujar Vinales.

"Saya memperkirakan diri saya akan berada di depan setelah enam lap. Saya akan berusaha keras untuk mencapai itu," tutur Vinales menambahkan.

Hasil Kualifikasi MotoGP Spanyol 2021 mempertajam statistik karier Fabio Quartararo.

Ini adalah pole position ke-12 sepanjang karier Quartararo di MotoGP.

Hebatnya, empat atau sepertiga dari jumlah pole position Quartararo diraih di Sirkuit Jerez.

Quartararo kini menempati peringkat ketiga dalam daftar pebalap MotoGP dengan raihan pole position terbanyak di Sirkuit Jerez.

Quartarao hanya tertinggal satu pole position lagi dari Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi.

Dari 11 pole position sebelumnya, Quartararo sukses tujuh kali naik podium dengan tiga di antaranya keluar sebagai pemenang balapan.

Musim lalu, Quartarao dua kali naik podium juara di Sirkuit Jerez seusai menjadi yang tercepat pada balapan MotoGP Spanyol dan MotoGP Andalusia.

Berbeda dari Quartarao, Kualifikasi MotoGP Spanyol 2021 menjadi penampilan terburuk Vinales di Sirkuit Jerez sejak 2018 (urutan 11).

Balapan MotoGP Spanyol 2021 di Sirkuit Jerez nantinya akan dimulai pada Minggu (2/5/2021) pukul 19.00 WIB.

Penulis: M. Hafidz ImaduddinEditor: Eris Eka Jaya