MotoGP Spanyol, Kebangkitan atau Titik Nadir Rossi?
1 min read

MotoGP Spanyol, Kebangkitan atau Titik Nadir Rossi?

MotoGP Spanyol bisa jadi kebangkitan atau titik nadir Valentino Rossi. (AP/Armando Franca)
MotoGP Spanyol bisa jadi kebangkitan atau titik nadir Valentino Rossi. (AP/Armando Franca)

MotoGP Spanyol 2021 menjadi salah satu momen penting bagi perjalanan karier Valentino Rossi. MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez bisa menjadi momen kebangkitan atau titik nadir Rossi.

Rossi memasuki MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez, Minggu (2/5), dalam posisi terpuruk. The Doctor hanya mampu meraih empat poin dari tiga balapan dan berada di posisi 19 klasemen sementara MotoGP 2021.

Jika ditarik lebih ke belakang, maka Rossi hanya mampu meraih 12 poin dari sembilan balapan terakhir. Pada MotoGP Portugal, pekan lalu, Rossi gagal finis meski mengaku memiliki kecepatan yang bagus.

MotoGP Spanyol merupakan seri yang diyakini Rossi bisa membuatnya bangkit. Pasalnya, The Doctor punya rekor yang bagus di Sirkuit Jerez. Rossi hingga saat ini menjadi pembalap tersukses di Sirkuit Jerez dengan sembilan kemenangan (6 di MotoGP).

Musim lalu satu-satunya kesuksesan Rossi naik podium terjadi di Sirkuit Jerez pada balapan MotoGP Andalusia. Ketika itu Rossi finis di belakang Fabio Quartararo dan Maverick Vinales.

Dalam satu dekade terakhir, Rossi meraih hasil yang cukup impresif di Sirkuit Jerez jika mampu menyelesaikan balapan, yakni empat kali finis podium termasuk menang di MotoGP Spanyol 2016.

"Saya pikir Jerez salah satu sirkuit di kalender MotoGP yang paling saya nanti-nanti sepanjang tahun, karena saya punya kenangan hebat di sana. Tahun lalu saya naik podium di balapan kedua musim 2020," ujar Rossi dikutip dari Marca.

Naik podium di MotoGP Spanyol sangat penting bagi Rossi. Pasalnya, pembalap 42 tahun itu sudah menyatakan hasil di paruh pertama musim 2021 akan menentukan masa depannya di MotoGP. Jika naik podium di Jerez, setidaknya Rossi masih punya kepercayaan diri untuk memperpanjang karier di MotoGP musim depan.

Sebaliknya jika meraih hasil buruk di MotoGP Spanyol, maka akan jadi titik nadir Rossi di MotoGP. Hasil buruk di trek favoritnya bisa membuat The Doctor memutuskan pensiun akhir musim ini.

Di MotoGP Spanyol, Rossi mengincar podium ke-200 sepanjang kariernya di kelas primer Grand Prix. Total The Doctor sudah meraih 235 podium di semua kategori.

Live streaming MotoGP Spanyol 2021 bisa disaksikan melalui NONTONGP.COM. Sementara siaran langsung balapan akan disiarkan NONTONGP.COM.

[Gambas:NONTONGP.COM]