MotoGP Spanyol - Crash di Free Practice seperti Hobi buat Marc Marquez
2 min read

MotoGP Spanyol - Crash di Free Practice seperti Hobi buat Marc Marquez

PIERRE-PHILIPPE MARCOU
Marc Marquez saat sesi latihan bebas pada MotoGP Spanyol 2021. (Photo by PIERRE-PHILIPPE MARCOU / AFP)

NONTONGP.COM - Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, mengalami crash pada sesi Free Practice 3 (FP3) MotoGP Spanyol, Sabtu (1/5/2021). Bagi Marquez, terjatuh pada sesi latihan bebas sudah jadi semacam "hobi".

Insiden yang tak diinginkan Marc Marquez terjadi pada periode akhir sesi Free Practice 3 (FP3) alias latihan bebas MotoGP Spanyol 2021.

Marc Marquez kehilangan kendali pada roda depannya di Tikungan 7 Sirkuit Jerez.

Sang juara dunia delapan kali tersebut akhirnya terjatuh dan menabrak pagar pembatas sirkuit.

Kondisi Marquez selepas mengalami crash dikabarkan baik-baik saja.

“Usai melalui pemeriksaan medis, Marc Marquez, tak mendapat cedera serius dan hanya mengalami memar,” demikian bunyi keterangan resmi dari Tim Repsol Honda.

Sebuah kabar melegakan buat fans Marquez, mengingat sang pebalap kelahiran Cervera itu belum lama pulih dari cedera lengan kanan yang sampai membutuhkan tiga kali tahapan operasi.

Cedera parah tersebut didapat Marquez saat membalap di Sirkuit Jerez pada seri pertama MotoGP 2020.

Lantaran harus naik meja operasi dan melalui proses rehabilitasi, Marquez pada akhirnya absen mengaspal sampai musim MotoGP 2020 kelar.

Selama ini, Marquez dikenal sebagai pebalap yang berani ambil risiko. Nyali besar itulah yang diyakini jadi pembeda sang pemakai nomor 93 dengan pebalap-pebalap lain di lintasan.

Bagi Marquez, terjatuh di sesi free practice atau latihan bebas sudah menjadi semacam "hobi".

Ia tak ragu memacu motornya sampai ke batasan maksimal di sesi free practice (FP).

Pendekatan tersebut berkorelasi langsung dengan betapa seringnya Marquez mengalami crash alias jatuh dalam sesi latihan bebas dan kualifikasi.

La Gazzetta dello Sport pernah merilis statistik menarik soal akumulasi insiden crash yang dialami Marquez di sepanjang karier.

Pebalap beralias The Baby Alien tersebut mengalami 15 crash pada musim debutnya di MotoGP pada 2013. Mayoritas crash itu terjadi dalam sesi FP dan kualifikasi.

Kebiasaan Marquez untuk mengambil risiko terus berlanjut pada musim 2014 (11 crash), 2015 (13 crash), 2016 (17 crash), 2017 (27 crash), 2018 (23 crash), dan 2019 (14 crash).

Marquez selama ini benar-benar menjadikan sesi latihan bebas sebagai ruang untuk berbuat kesalahan, sehingga ketika balapan sesungguhnya datang, ia bisa tampil nyaris tanpa cacat.

Penulis: Sem BagaskaraEditor: Sem Bagaskara