MotoGP Spanyol 2021, Marc Marquez Merasa "Hancur" Setelah Balapan
2 min read

MotoGP Spanyol 2021, Marc Marquez Merasa "Hancur" Setelah Balapan

PIERRE-PHILIPPE MARCOU
Marc Marquez saat balapan pada MotoGP Spanyol 2021. (Photo by PIERRE-PHILIPPE MARCOU / AFP)

NONTONGP.COM - Andalan Repsol Honda Marc Marquez mengakhiri balapan MotoGP Spanyol 2021 dengan perasaan "hancur".

Marc Marquez dua kali terjatuh dari motornya selama mengikuti rangkaian MotoGP Spanyol 2021 di Sirkuit Jerez, Spanyol, akhir pekan lalu.

Insiden pertama terjadi ketika Marquez sedang berusaha mencetak waktu lap terbaik pada sesi latihan bebas ketiga (FP3), Sabtu (1/5/2021).

Dia mengalami crash dalam kecepatan tinggi di Tikungan 7. Marquez terjatuh dan terhempas ke gravel sebelum menabrak pagar pembatas sirkuit.

The Baby Alien sempat dibawa ke pusat medis Sirkuit Jerez untuk pemeriksaan lebih lanjut, tetapi dia akhirnya dinyatakan fit untuk balapan.

Keesokan harinya, Minggu (2/4/2021), Marquez kembali mengalami kecelakaan saat sesi warm-up (pemanasan) beberapa jam sebelum balapan.

Dua insiden itu ternyata cukup memengaruhi penampilan Marquez saat balapan. Dia finis kesembilan setelah start dari posisi ke-14.

Selepas balapan, Marquez mengakui bahwa dirinya "hancur", bukan soal cedera lengannya, melainkan karena otot leher dan punggungnya yang sakit akibat crash pada FP3.

"Saya merasa lebih baik akhir pekan ini. Namun, hari ini, ok, saya merasa 'hancur' akibat kecelakaan kemarin, tetapi bukan soal lengan," ucap Marquez, seperti dikutip dariMotorsport, Senin (3/5/2021).

"Ini lebih tentang otot di punggung dan leher. Leher saya benar-benar terkunci," kata pebalap asal Spanyol itu menambahkan.

"Saya mencoba lebih cepat usai start ke-14, tetapi kondisi fisik saya mulai menurun dan ketika tersisa delapan lap saya sedikit banyak menyerah," tutur Marquez.

Meski hanya finis kesembilan pada MotoGP Spanyol, Marquez tetap senang karena dia merasa lebih baik di atas motor Honda RC213V-nya dibanding seri lalu (MotoGP Portugal).

“Tentu saja, hari ini saya bahagia, meski bukan hasil yang saya inginkan dan tidak mencapai target saya," ucap Marquez.

“Tapi akhir pekan ini saya merasa lebih baik dengan motor, dan tentang kondisi fisik saya menderita. Saya lebih sedikit menderita daripada Portimao," imbuhnya.

Marc Marquez saat ini berada di peringkat ke-15 klasemen pebalap MotoGP dengan koleksi 16 poin.

Pemilik enam gelar juara dunia MotoGP itu terpaut 50 poin dari Francecso Bagnaia (Ducati Lenovo) di puncak.

Selanjutnya, Marc Marquez dijadwalkan mengikuti rangkaian seri kelima Kejuaraan Dunia 2021, MotoGP Perancis, di Sirkuit Le Mans pada 14-16 Mei mendatang.

Penulis: Faishal RaihanEditor: Faishal Raihan