MotoGP: Fabio Quartararo Jalani Operasi Arm Pump, Begini Kondisinya
1 min read

MotoGP: Fabio Quartararo Jalani Operasi Arm Pump, Begini Kondisinya

Pembalap Tim Ducati Lenovo Jack Miller, Monster Energy Yamaha MotoGP Fabio Quartararo dan Petronas Yamaha SRT Franco Morbidelli beraksi selama balapan motoGP Spanyol, di Sirkuit Jerez, Spanyol, Ahad, 2 Mei 2021. Banyak pembalap terjatuh dalam lomba ini. Alex Marquez (LCR Honda ) dan Brad Binder (Red Bull KTM)terjatuh di lap pertama. Alex Rins (Suzuki Ecstar) crash di lap kedua. REUTERS/Jon Nazca
Fabio Quartararo berfokus untuk mempersiapkan diri menghadapi seri MotoGP Prancis di Sirkuit Le Mans pada 14-16 Mei mendatang.

NONTONGP.COM, Jakarta - Fabio Quartararo memilih untuk operasi setelah mengalami arm pump atau pembengkakan otot seusai MotoGP Spanyol, Ahad lalu. Ia berfokus untuk mempersiapkan diri menghadapi seri MotoGP Prancis di Sirkuit Le Mans pada 14-16 Mei mendatang.

Quartararo sempat memimpin balapan di Sirkuit Jerez hingga separuh pertandingan. Namun, ia turun ke urutan ke-13 setelah dilanda masalah air pump yang parah dan membuatnya kehilangan keunggulan. Pembalap asal Prancis itu pun secara mengejutkan menjalani operasi.

Dengan jeda waktu untuk seri kelima, pembalap Monster Energy Yamaha MotoGP itu tidak bisa membuang waktu. Dia perlu menyelesaikan operasi dan melewatkan tes resmi MotoGP pada Senin, 3 Mei 2021 untuk memeriksa lengan kanannya. "Semuanya baik-baik saja, cuma satu tujuan adalah balapan berikutnya di rumah," kata Quartararo melalui akun media sosialnya.

Monster Yamaha mengonfirmasi bahwa operasi telah dilakukan di rumah sakit CH Aix en Provence. Mengingat waktu yang tersedia singkat sebelum seri GP Le Mans, Quartararo menjalani operasi arm pump di mana selaput yang mengelilingi otot dipotong untuk memungkinkan lebih banyak aliran darah.

Quartararo, pemenang GP Qatar dan Portugal, mendominasi Grand Prix Spanyol akhir pekan lalu. Meski posisinya turun jauh ke belakang, ia hanya terpaut dua poin dari Francesco Bagnaia dari Ducati di klasemen MotoGP.

Adapun Jack Miller, pemenang di Sirkuit Jerez, pernah menjalani operasi air pump di awal musim MotoGP 2021. Itu terjadi di interval seri Qatar dan Porugal. Sebagian besar pembalap MotoGP menjalani operasi setidaknya sekali selama karier mereka. Masalah seperti penumpukan jaringan seringkali menuntut pembalap melakukan operasi secara berulang-ulang.