MotoGP, Aprilia Umumkan Kesepakatan Baru dengan Dorna Sports
1 min read

MotoGP, Aprilia Umumkan Kesepakatan Baru dengan Dorna Sports

Pebalap tim Aprilia Racing Team Gresini Aleix Espargaro./Antara/AFP
Aprilia menjadi tim pabrikan sepenuhnya mulai 2022 setelah kontrak dengan Gresini Racing, yang telah digandeng untuk menjalani kejuaraan dunia MotoGP sejak 2015, akan berakhir.

NONTONGP.COM, JAKARTA – Tim pabrikan Aprilia mengumumkan kesepakatan baru dengan Dorna Sports untuk tetap berkompetisi di MotoGP hingga 2026.

Dengan perpanjangan komitmen tersebut, yang diumumkan pada Kamis (29/4/2021), Aprilia menjadi tim pabrikan sepenuhnya mulai 2022 setelah kontrak dengan Gresini Racing, yang telah digandeng untuk menjalani kejuaraan dunia MotoGP sejak 2015, akan berakhir.

Aprilia menjadi pabrikan terakhir dari enam pabrikan yang telah menandatangani kontrak baru dengan Dorna setelah Suzuki, Yamaha, Honda, Ducati, dan KTM.

"Kami mulai musim depan berpartisipasi dalam kapasitas ofisial sebagai pabrikan. Ini membuka peluang baru dan semoga luar biasa, dan kami harus mengurus banyak tanggung jawab tambahan," kata CEO Aprilia Racing Massimo Rivola seperti dikutip laman resmi MotoGP.

Aprilia-Gresini finis terakhir di MotoGP pada 2020. Meski demikian, Aprilia mengawali musim 2021 dengan tren positif dengan tampil tercepat di sesi tes pramusim Qatar dan bertarung dengan para pebalap teratas dengan motor RS-GP baru mereka.

Aleix Espargaro saat ini menjadi pebalap Aprilia teratas di peringkat enam klasemen pebalap sedangkan tandemnya, Lorenzo Savadori di peringkat ke-22.

Mantan juara dunia asal Italia Fausto Gresini, yang merupakan pendiri tim Gresini, meninggal dunia karena komplikasi Covid-19 pada 23 Februari di usia ke-60.

Istrinya, Nadia Padovani, menjadi pemilik baru dan manajer tim tersebut, dan telah sepakat dengan Dorna untuk kembali ke MotoGP sebagai tim independen mulai 2022.

"Mengenang Fausto sepenuh hati, saya berharap tim ini dan semua stafnya meraih kesuksesan untuk musim-musim berikutnya," kata Rivola.