MotoGP 2021 - Kekecewaan Pol Espargaro, Honda Melukai Hati Ridernya Karena Hal Ini
2 min read

MotoGP 2021 - Kekecewaan Pol Espargaro, Honda Melukai Hati Ridernya Karena Hal Ini

Pembalap Spanyol Repsol Honda Team Marc Marquez (kiri) dan pembalap Spanyol Repsol Honda Team, Pol Espargaro mengendarai MotoGP saat balapan GP Spanyol di Sirkuit Jerez di Jerez de la Frontera pada 2 Mei 2021. PIERRE-PHILIPPE MARCOU / AFP

NONTONGP.COM - Pembalap anyar Repsol Honda, Pol Espargaro, kembali buka suara perihal strategi dan pengembangan motor yang diterapkan di tim pabrikan dan tim satelit dalam setiap balapan.

Menurut Pol Espargaro, perbedaan paket motor di antara dia, Marc Marquez, Alex Marquez, dan Takaaki Nakagami telah "melukai" grup pembalap Honda.

Pol Espargaro menyelesaikan balapan keempat musim ini, MotoGP Spanyol 2021, di urutan ke-10.

NONTONGP.COM

Sementara itu, rekan setimnya, Marc Marquez finis di depannya persis dengan keunggulan 1 detik.

Hasil tersebut membuat Espargaro merasa kecewa.

Apalagi, motor RC213V yang dia kendarai bermasalah hampir di semua area, kecuali pengereman.

Selain itu, Espargaro juga menjelaskan bahwa para pembalap Honda memakai paket motor yang berbeda.

Hal ini disebut Espargaro telah "melukai" proses pembelajarannya terhadap motor Honda serta performa dia, Marc, Alex, dan Nakagami secara keseluruhan.

Pembalap Spanyol Repsol Honda Team Marc Marquez (kiri) dan pembalap Spanyol Repsol Honda Team, Pol Espargaro mengendarai MotoGP saat balapan GP Spanyol di Sirkuit Jerez di Jerez de la Frontera pada 2 Mei 2021.
PIERRE-PHILIPPE MARCOU / AFP
Pembalap Spanyol Repsol Honda Team Marc Marquez (kiri) dan pembalap Spanyol Repsol Honda Team, Pol Espargaro mengendarai MotoGP saat balapan GP Spanyol di Sirkuit Jerez di Jerez de la Frontera pada 2 Mei 2021. PIERRE-PHILIPPE MARCOU / AFP (PIERRE-PHILIPPE MARCOU / AFP)

"Kami tidak memiliki traksi, kami tidak bisa berbelok, dan kecepatan kami tidak bagus," kata Espargaro, dikutip dari Crash.

"Saya tidak bisa membalap dengan mulus. Laju saya tidak datang dan saya berkendara dengan tegang," ucap dia lagi.

Di antara keempat pembalap dengan motor Honda, Nakagami tampil sebagai yang terbaik dengan finis di urutan keempat.

Rider asal Jepang itu cuma kalah cepat 3,2 detik dari sang pemenang balapan, Jack Miller (Ducati Lenovo Team).

Pencapaian Nakagami ini tak lepas dari keputusan dia mengganti sasis motornya ke spek 2020.

Adapun, Espargaro dan Marquez, sama-sama memakai sasis versi 2021.

Namun, Pol Espargaro menegaskan bahwa paket motor Honda yang dia pakai dan Marquez kendarai pada balapan MotoGP Spanyol 2021 tidaklah sama.

"Kami semua menggunakan paket berbeda, katakan saja demikian. Marc memakai yang satu, saya menggunakan lainnya. Lalu, tim satelit memakai yang lain lagi," tutur Espargaro.

"Masalah yang saya hadapi sekarang adalah saya tidak tahu apakah saya bagus, apakah saya jelek, apakah masalahnya di motor, apakah paket yang saya pakai, apakah gaya membalap saya, saya tidak tahu apa yang terjadi."

"Bagi saya, menjadi orang baru, saya punya kebingungan ini," kata dia lagi.

Hasil finis di posisi ke-10 pada balapan MotoGP Spanyol 2021 menjadi rapor terbaik kedua yang dibukukan Pol Espargaro pada musim ini.

Pencapaian terbaik Espargaro pada MotoGP 2021 ialah finis di urutan ke-8 pada balapan pembuka yang berlangsung di Sirkuit Internasional Losail, Doha, Qatar, 28 Maret lalu.

Saat ini, Espargaro masih berada di Jerez untuk menjalani sesi tes resmi MotoGP di sana.

Artikel ini telah tayang di BolaSport.com dengan judul Pol Espargaro: Perbedaan Paket Motor 'Melukai' Grup Pembalap Honda