Miller Jadi Jawara di GP Spanyol
2 min read

Miller Jadi Jawara di GP Spanyol

 Pembalap Australia Jack Miller dari Pramac Racing Team saat sesi pemanasan untuk Grand Prix Sepeda Motor Portugal di trek balap Algarve International, selatan Portugal, 22 November 2020.
Pembalap Australia Jack Miller dari Pramac Racing Team saat sesi pemanasan untuk Grand Prix Sepeda Motor Portugal di trek balap Algarve International, selatan Portugal, 22 November 2020.

REPUBLIKA.CO.ID, JEREZ — Pebalap tim Ducati Jack Miller meraih kemenangan pertamanya musim ini setelah menjuarai Grand Prix Spanyol ketika Fabio Quartararo gagal mencetak hattrick di Sirkuit Jerez-Angel Nieto, Minggu.

Francesco Bagnaia finis runner-up, 1,912 detik berselang untuk membawa Ducati finis 1-2, sedangkan Franco Morbidelli melengkapi podium di P3 untuk tim Petronas Yamaha SRT, demikian laman resmi MotoGP.

Kemenangan itu merupakan yang kedua bagi Miller di kelas premier sejak GP Belanda 2016 dan kali ini sebagai pebalap tim pabrikan Ducati.

Ducati cukup lama absen dari podium teratas di Jerez setelah terakhir kali menjadi juara di GP Spanyol pada 2006 silam lewat penampilan Loris Capirossi.

Di atas kertas, Quartararo seharusnya bisa menang hari ini untuk merebut hattrick setelah mengantongi dua kemenangan di Jerez musim lalu.

Start dari pole position untuk keempat kalinya secara beruntun di Jerez, Quartararo lagi-lagi kalah gesit ketika meluncur dan kehilangan tiga posisi menuju tikungan pertama.

Butuh empat putaran bagi sang pebalap Prancis untuk merebut kembali posisi pimpinan lomba dari pebalap Ducati Jack Miller.

Quartararo menjaga jaraknya sekitar 1,5 detik dari Miller dan tampak meyakinkan menuju jalur kemenangan.

Namun, memasuki paruh kedua balapan El Diablo mendadak kehilangan kecepatannya dan sang pebalap Ducati memangkas jaraknya dan menyalip di lintasan lurus utama di lap ke-16.

Dalam tayangan ulang Quartararo menggelengkan kepalanya ketika melambat di Tikungan 6, menyadari masalah yang ia dapati.

Quartararo tak bisa berbuat banyak ketika Francesco Bagnaia dengan mudah melewatinya, kemudian juga mantan rekan satu timnya, Franco Morbidelli untuk menempati slot podium.

Setelah 25 putaran usai, Quartararo dengan tanda tanya besar di kepalanya mendapati dirinya finis P13.

Bagnaia kini mengambil alih pimpinan klasemen pebalap sementara dengan koleksi 66 poin, menggeser Quartararo ke peringkat dua dengan jarak dua poin saja.

Maverick Vinales menghuni peringkat tiga dengan 50 poin. Takaaki Nakagami (LCR Honda), yang kembali ke sasis Honda 2020 akhir pekan ini, kembali menjadi pebalap Honda tercepat setelah finis P4 di depan Joan Mir (Suzuki Ecstar) dan Aleix Espargaro di peringkat enam untuk Aprilia.

Marc Marquez, yang menjalani pemulihan cedera selama sembilan bulan terakhir karena patah tulang di Jerez tahun lalu, turun di balapan keduanya musim ini setelah GP Portugal.

Marquez lolos dari cedera setelah terjatuh di FP3 pada Sabtu dan terjatuh sekali lagi dalam kecepatan tinggi di sesi pemanasan. Ia memulai balapan dari P14 dan finis P9.

Rookie Pramar Racing Jorge Martin masih menjalani pemulihan pascaoperasi dan digantikan oleh Tito Rabat.

Sedangkan Stefan Bradl menjadi wildcard di Jerez untuk tim Honda setelah menjadi pebalap pengganti Marquez di Qatar.