Menilik Asa Valentino Rossi Raih Podium Ke-200 di MotoGP Spanyol 2021
2 min read

Menilik Asa Valentino Rossi Raih Podium Ke-200 di MotoGP Spanyol 2021

Menilik Asa Valentino Rossi Raih Podium Ke-200 di MotoGP Spanyol 2021
Rossi masih memburu podium ke-200 di kelas MotoGP.

JEREZ – Pembalap Tim Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi, masih memburu podium ke-200 di kelas MotoGP. Harapan itu pun bisa datang ketika seri keempat MotoGP 2021 akan tiba di Sirkuit Jerez, Spanyol.

Valentino Rossi akan kembali ke Sirkuit Jerez pada tahun ini setelah tidak pernah meraih podium dalam 15 seri terakhir. Padahal dalam rentan waktu tersebut, VR46 berharap bisa menempatkan diri ke posisi tiga besar untuk mematenkan podium ke-200 di MotoGP.

Valentino Rossi
Valentino Rossi

Tetapi, ketika MotoGP akan tiba di Sirkuit Jerez pada akhir pekan ini, Valentino Rossi melihat hal itu sebagai kesempatan besar. Sebab, jika berkaca pada catatannya di MotoGP Spanyol, pembalap berusia 42 tahun itu memiliki rekor yang baik.

Bahkan pada musim lalu, Valentino Rossi meraih podiumnya yang ke-199 di MotoGP ketika mentas di Sirkuit Jerez tersebut. Meski bertajuk MotoGP Andalusia 2020, tetapi Sirkuit Jerez telah menjadi bukti bahwa VR46 punya harapan besar.

Lalu jika ingin meninjau lebih jauh lagi, Valentino Rossi memang selalu tampil apik di Sirkuit Jerez. Pada ajang debutnya di MotoGP 2000, pembalap berpaspor Italia itu berhasil menyelesaikan balapannya di urutan ketiga.

Tahun berikutnya, Valentino Rossi mampu tampil sebagai pemenang dan melakukannya lagi secara beruntun hingga 2003. Total, ada sembilan kemenangan yang mampu diraih The Doctor –julukan Valentino Rossi– di Sirkuit Jerez tersebut.

Sementara untuk podium, Valentino Rossi telah mencicipinya sebanyak tujuh kali. Karena catatan itu, pembalap pemilik sembilan gelar juara dunia tersebut sejatinya sudah sangat mengetahui bagaimana cara untuk menaklukkan Sirkuit Jerez pada musim ini.

Sehingga bukan tidak mungkin jika rekan setim Franco Morbidelli itu akan kembali berunjuk gigi pada MotoGP Spanyol 2021 nanti. Andai ia mampu masuk ke posisi tiga besar, maka Valentino Rossi akan merasakan hal yang sangat spesial karena memastikan 200 podiumnya di kelas MotoGP.

Valentino Rossi
Valentino Rossi

Namun begitu, pencapaian musim-musim sebelumnya memang tidak bisa dijadikan patokan. Apalagi, Valentino Rossi kini telah berganti tim dengan membela Petronas Yamaha SRT yang merupakan tim satelit Yamaha.

Jika berkaca pada tiga seri pembuka MotoGP 2021, Valentino Rossi masih sedikit kesulitan untuk beradaptasi dengan lingkungan barunya tersebut. Tetapi, terlepas dari masa susah tersebut, VR46 menunjukkan peningkatan di MotoGP Portugal 2021 walau akhirnya harus gagal finis.