Marquez Geram Kecelakaan Buat Dirinya Gagal Catatkan Waktu Terbaik
2 min read

Marquez Geram Kecelakaan Buat Dirinya Gagal Catatkan Waktu Terbaik

Marquez Geram Kecelakaan Buat Dirinya Gagal Catatkan Waktu Terbaik
Marquez kesal karena kecelakaan telah membuatnya mengubah beberapa hal pada motornya.

JEREZ – Pembalap Tim Repsol Honda, Marc Marquez harus rela mengawali balapan MotoGP Spanyol 2021 dari posisi ke-14. Hal itu terjadi karena Marquez gagal mencatatkan waktu yang terbaik di sesi kualifikasi.

Bahkan Marquez saja tak bisa lolos dari sesi kualifikasi pertama lantaran tak bisa menjadi dua pembalap tercepat. Kegagalan The Baby Alien mencatatkan waktu terbaiknya itu karena ia telah salah memilih ban.

Ketika kualifikasi berlangsung, Marquez memutuskan untuk memakai ban depan bertipe soft agar ia bisa menghindari kecelakaan. Sebab seperti yang diketahui, pada sesi latihan bebas GP Spanyol 2021, Marquez mengalami kecelakaan parah hingga membuatnya harus dicek.

Kecelakaan yang dialami Marquez di sesi latihan bebas ketiga MotoGP Spanyol 2021
Kecelakaan yang dialami Marquez di sesi latihan bebas ketiga MotoGP Spanyol 2021

Pada saat kecelakaan itu terjadi Marquez tak menggunakan ban depan bertipe soft. Namun, karena ia tak memakai ban tipe soft, ia mampu melaju sangat cepat. Sayangnya kecepatan itu justru membuat Marquez mengalami kecelakaan parah.

Jadi, karena pertimbangan untuk mengurangi risiko itulah yang membuat pada akhirnya Marquez mau tak mau menggunakan ban depan bertipe soft. Gara-gara penggunaan ban itu, Marquez lantas gagal mencatatkan waktu terbaiknya.

Marquez sendiri mengaku menyesal karena telah memilih ban depan bertipe soft. Sebab ia merasa bahwa perasaannya terhadap motor RC213V sudah kembali dan dirinya menilai sudah bisa melaju sangat cepat.

“Itu adalah kecelakaan yang sangat cepat dan keras di tikungan 7, kami tahu bahwa kecelakaan pertama musim ini pasti akan terjadi, tetapi saya mungkin memilih salah satu tikungan terburuk untuk mengalami kecelakaan pertama tersebut,”

“Kecelakaan itu memengaruhi hasil kualifikasi saya, sebab saya memilih menggunakan ban depan bertipe soft agar bisa melaju lebih aman, tetapi ini adalah pilihan yang salah karena kami bisa memaksimalkan kualifikasi dengan bagian depan kami,” tambahnya.

Marc Marquez
Marc Marquez

“Sungguh sangat disayangkan (gagal meraih waktu terbaik di sesi kualifikasi) karena saya merasa kuat dan hari ini adalah hari pertama saya benar-benar mulai 'merasakan' motor Honda kembali,” lanjut Marquez.

Balapan MotoGP Spanyol 2021 sendiri akan berlangsung pada Minggu (2/5/2021) pukul 19.00 WIB. Marquez bakal start dari posisi ke-14, sedangkan pole position dikuasai oleh rider Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo.