Marc Marquez Ungkap Waktu Pensiun dari MotoGP, Dahului Valentino Rossi?
2 min read

Marc Marquez Ungkap Waktu Pensiun dari MotoGP, Dahului Valentino Rossi?

Marc Marquez Ungkap Waktu Pensiun dari MotoGP, Dahului Valentino Rossi?
Marc Marquez akan pensiun dari MotoGP ketika dirinya tak lagi kompetitif.

JEREZ – Pembalap Tim Repsol Honda, Marc Marquez, mengungkap waktu yang tepat untuk pensiun dari ajang yang membesarkan namanya, MotoGP. The Baby Alien –julukan Marc Marquez– mengaku akan pensiun dari MotoGP ketika dirinya merasa tak lagi kompetitif dan ada pembalap yang begitu menonjol.

Marc Marquez yang memegang enam gelar juara MotoGP, diprediksi banyak pihak kan memutuskan pensiun akibat cedera parah yang dialami di MotoGP 2020. Bagaimana tidak, akibat kecelakaan yang dialami di Sirkuit Jerez, Marc Marquez harus absen sembilan bulan dari ingar bingar MotoGP.

Marc Marquez
Marc Marquez

Beruntung ketika melakoni comeback dalam kondisi yang belum bugar 100 persen, Marc Marquez masih sanggup finis di posisi tujuh. Hal itu terjadi ketika Marc Marquez turun di MotoGP Portugal 2021 dua pekan lalu.

Semalam, Marc Marquez menghadiri sesi konferensi pers jelang balapan MotoGP Spanyol 2021. Dalam konferensi pers itu, Marc Marquez merupakan pembalap tertua yakni 28 tahun.

Sementara pembalap lain seperti Joan Mir baru berusia 23 tahun, Fabio Quartararo (22), Franco Morbidelli (26) dan Pecco Bagnaia (24). Ada juga calon kuat juara Moto3 2021, Pedro Acosta, yang baru 16 tahun!

Dari nama-nama di atas, akankah ada pembalap yang sanggup menghentikan dominasi Marc Marquez di MotoGP? Sekadar informasi, selain tak lagi kompetitif, alasan Marc Marquez pensiun jika sudah ada pembalap yang benar-benar mampu menggantikan figurnya di lomba balap motor paling prestisius tersebut.

“Ketika generasi baru tiba (Marc Marquez akan pensiun). Saya masih merasa kompetitif, tetapi akan ada hari dan waktu untuk menerima bahwa generasi baru telah tiba, lebih baik dari Anda,” kata Marc Marquez mengutip dari The Race, Jumat (30/4/2021).

Marc Marquez
Marc Marquez

“Ketika saya tidak merasa lagi mampu memenangkan balapan, bagi saya lebih baik di rumah saja. Karena saya di sini bertarung untuk mereka semua,” lanjut Marc Marquez.

Lantas, bagaimana dengan Valentino Rossi? Mentas di kelas premier selama 21 tahun (sejak 2000), tidak ada tanda-tandaThe Doctor –julukan Valentino Rossi– akan pensiun dari MotoGP.

Meski kontraknya bersama Petronas Yamaha habis di pengujung MotoGP 2021, Valentino Rossi bisa saja berpindah tim tahun depan. Sebab, tim VR46 yang dimiliki Valentino Rossi akan mentas di MotoGP 2022.

Bukan tak mungkin, Valentino Rossi tetap membalap di MotoGP 2022, atau ketika usianya menginjak 43 tahun. Jadi, siapa yang lebih cepat pensiun, Valentino Rossi atau Marquez?