Marc Marquez Terkejut MotoGP Kian Kompetitif
1 min read

Marc Marquez Terkejut MotoGP Kian Kompetitif

Marc Marquez Terkejut MotoGP Kian Kompetitif
Marc Marquez terkejut persaingan di MotoGP 2021 kian ketat/Foto/Twitter

Absen lama membuat Marc Marquez ketinggalan perkembangan dalam persaingan di MotoGP 2021. Pembalap Repsol Honda itu kaget MotoGP musim ini begitu ketat.

Keterkejutan Marquez wajar karena dia sempat absen kurang lebih sembilan bulan. Pembalap asal Spanyol itu baru kembali balapan di MotoGP Portugal 2021 yang berlangsung di Sirkuit Algarve, Minggu, 18 April lalu. Dia finis ketujuh dalam balapan perdananya setelah pulih dari cedera patah lengan kanan itu.

Marquez menjalani balapan keduanya musim 2021 di Sirkuit Jerez, Spanyol, Minggu (2/5/2021). Dia cukup terkejut melihat persaingan para pembalap dalam balapan bertajuk MotoGP Spanyol 2021 itu.

Balapan dimenangkan pembalap Tim Ducati Lenovo Jack Miller usai bertarung ketat dengan Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha). Posisi kedua ditempati rekan setim Miller, Francesco Bagnaia, lalu Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) finis ketiga.

Quartararo harus rela finis di posisi ke-13. Hasil buruk itu didapatkan Quartararo karena menderita cedera arm pump pada pertengahan balapan. Menurut Marquez, jika tidak cedera, Fabio Quartararo yang akan memenangkan MotoGP Spanyol 2021.

"Saat ini, kami belum dalam kondisi (untuk bersaing memperebutkan kemenangan) atau melihatnya (garis finis lebih dulu). Sejak seseorang memimpin balapan, semuanya membentang, tidak ada grup, dan tidak ada kemungkinan untuk menyalip," kata Marc Marquez, dikutip dari Motosan, Senin (3/5/2021).

"Jika Quartararo tidak menderita arm pump, dia akan menang lagi, tetapi itu terjadi kepadanya, jadi Miller menang, tetapi Bagnaia sedikit lebih stabil daripada tahun lalu. Untuk saat ini, tetapi itu benar, bahwa semuanya sangat ketat," tuturnya.

Marc Marquez pun belum mampu menembus posisi lima besar. Capaian terbaik The Baby Alien -julukan Marc Marquez- di Sirkuit Jerez adalah finis kesembilan.

Selisih waktu Marc Marquez dengan Miller hanya sembilan detik, tetapi dia hanya mampu finis lebih dekat dengan sang pemenang. Hal itu meyakinkan Marc Marquez, bahwa balapan makin ketat saat ini.

"Anda finis sepuluh detik di belakang yang pertama, tetapi Anda menempati kesepuluh. Saya finis kesembilan, tetapi ini satu detik per motor. Itu telah sedikit berubah dan mendukung pertunjukan dalam arti, bahwa semuanya lebih dekat," ujarnya.