Marc Marquez Tak Takut Jatuh Lagi di MotoGP Spanyol 2021
2 min read

Marc Marquez Tak Takut Jatuh Lagi di MotoGP Spanyol 2021

Marc Marquez Tak Takut Jatuh Lagi di MotoGP Spanyol 2021
Kecelakaan di sesi latihan bebas tiga tidak menurunkan mental Marc Marquez.

CADIZ – Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, mengalami kecelakaan tunggal dalam sesi latihan bebas tiga MotoGP Spanyol 2021 di Sirkuit Jerez, Sabtu 1 Mei 2021. Meski begitu, kecelakaan itu tidak membuat Marc Marquez terpuruk.

Sebagaimana diketahui, Marc Marquez punya kenangan buruk dengan Sirkuit Jerez. Pada musim lalu, lengan kanan Marc Marquez patah karena kecelakaan tunggal di Sirkuit Jerez.

Marc Marquez (Foto: Twitter/@MotoGP)
Marc Marquez (Foto: Twitter/@MotoGP)

Cedera itu membuat Marc Marquez absen selama kurang lebih sembilan bulan. The Baby Alien -julukan Marc Marquez- baru kembali balapan di MotoGP Portugal 2021 yang berlangsung pada Minggu 18 April silam.

Marc Marquez menyegel posisi ketujuh dalam balapan yang berlangsung di Sirkuit Algarve, Portimao, Portugal itu. Setelahnya, Marc Marquez harus melaju di Sirkuit Jerez tempatnya kecelakaan pada musim lalu.

Marc Marquez tampil cukup bagus pada sesi latihan bebas satu dan dua. Akan tetapi, dia mengalami kecelakaan parah pada sesi latihan bebas ketiga yang menyebabkan motor Honda RC213V-nya hancur.

Marc Marquez pun harus memeriksakan diri ke rumah sakit karena sempat hilang ingatan. Akan tetapi, Marc Marquez tidak menderita cedera parah, kecuali memar di lehernya. Lengan kanan Marc Marquez, yang baru sembuh, juga tidak terdampak kecelakaan parah itu.

Marc Marquez pun kembali tampil di sesi latihan bebas empat dan kualifkasi. Pembalap asal Spanyol itu akhirnya menyegel posisi ke-14 dalam kualifkasi.

Posisi ke-14 tidaklah bagus bagi Marc Marquez yang berupaya meraih hasil apik dalam balapan hari ini, Minggu (2/5/2021), pukul 19.00 WIB. Marc Marquez pun fokus pada satu tujuan, yaitu melaju kencang dengan motornya. Dia siap untuk mengambil risiko di MotoGP Spanyol 2021.

Marc Marquez (Foto: MotoGP)
Marc Marquez (Foto: MotoGP)

“Kami harus mengubah mentalitas. Tubuh saya sudah siap jatuh, itu terlihat. Jelas, makin sedikit jatuh makin baik, tetapi jatuh seperti itu membuat Anda lega karena Anda keluar tanpa cedera,” kata Marc Marquez, mengutip dari Motosan, Minggu (2/5/2021).

“Anda berkata pada diri sendiri, ‘Saya telah jatuh dan tidak ada yang terjadi.’ Keputusan yang diambil mulai saat ini harus memikirkan tujuan, yaitu melaju kencang dengan sepeda motor,” tuturnya.