Marc Marquez Sempat Hilang Ingatan Usai Alami Kecelakaan Hebat di Jerez
2 min read

Marc Marquez Sempat Hilang Ingatan Usai Alami Kecelakaan Hebat di Jerez

Marc Marquez Sempat Hilang Ingatan Usai Alami Kecelakaan Hebat di Jerez
Marquez mengaku sempat hilang ingatan usai alami kecelakaan di MotoGP Spanyol 2021.

JEREZ – Pembalap Tim Repsol Honda, Marc Marquez, mengomentari kecelakaan hebat yang dialaminya ketika tampil pada sesi latihan bebas ketiga MotoGP musim 2021 seri Spanyol. Ya, Marquez mengakui bahwa dirinya bahkan sampai sempat kehilangan ingatan sesaat usai kecelakaan tersebut.

Sebagaimana diketahui, Marquez memang mengalami kecelakaan mengerikan ketika menjalani sesi latihan bebas ketiga MotoGP Spanyol 2021. Hal tersebut terjadi ketika Marquez melintasi Tikungan 7 yang memang dikenal titik paling menakutkan pada Sirkuit Jerez.

Marc Marquez
Marc Marquez

Marquez melaju sangat cepat ke arah pagar angin di dinding pembatas tikungan. Motor RC213V miliknya bahkan sampai mengalami kerusakan parah, sementara Marquez sempat linglung sejenak sebelum bisa bangkit dan kembali ke garasi.

Gara-gara insiden tersebut, Marquez pun harus dilarikan ke Medical Center untuk menjalani serangkaian pengecekan. Beruntung bagi Marquez, pihak Medical Center menyatakan bahwa The Baby Alien –julukan Marquez– hanya mengalami luka memar saja.

Meski begitu, Marquez tidak menampik bahwa kecelakaan mengerikan yang dialaminya di MotoGP Spanyol 2021 bisa dikatakan cukup parah. Bahkan, Marquez mengaku sempat kehilangan ingatan sesaat setelah mengalami kecelakaan tersebut.

“Kami tahu bahwa cepat atau lambat kecelakaan akan terjadi, namun saya 'memilih' titik terburuk di sirkuit. Saya tak mengiranya, namun jika Anda ngotot untuk satu lap, Anda takkan memikirkan risikonya. Kemarin (Jumat), saya lebih konservatif,” jelas Marquez, seperti disadur dari Crash, Minggu (2/5/2021).

“Hari ini saya menyerang. Sayangnya, saat menyerang, saya jatuh. Kecelakaan itu sangat besar, terutama benturan dengan pagar angin dalam kecepatan tinggi. Namun, berkat pagar angin, saya bisa berada di sini,” sambung pembalap berusia 28 tahun tersebut.

“Saya pergi ke Medical Center, di mana saya memeriksa semuanya dan kala itu saya merasa oke. Kemudian, saya pergi ke motorhome saya. Saya pun tiba, duduk, dan berada di sana 10 menit. Namun, saya mulai tak paham di mana saya sedang berada. Saya kehilangan memori,” tutupnya.

Marc Marquez
Marc Marquez

Kecelakaan tersebut juga memberikan dampak domino terhadap kiprah Marquez saat menjalani sesi kualifikasi MotoGP Spanyol 2021. Ya, Marquez pun harus puas memulai balapan MotoGP Spanyol 2021 dari posisi ke-14.

Hal tersebut terjadi setelah Marquez gagal menunjukkan performa mengesankan ketika menjalani sesi kualifikasi MotoGP Spanyol 2021. Pemilik delapan gelar juara dunia tersebut hanya mampu mencatatkan waktu 1 menit 37.489 detik dalam sesi kualifikasi MotoGP Spanyol 2021.