Marc Marquez dan Rossi Kembali Melempem di Jerez, Tanda Akhiri Dominasi?
1 min read

Marc Marquez dan Rossi Kembali Melempem di Jerez, Tanda Akhiri Dominasi?

Marc Marquez dan Valentino Rossi

Berita MotoGP: Marc Marquez dan Valentino Rossi tak meraih hasil memuaskan saat tes resmi di Jerez, mereka pun diprediksi bakal kehilangan dominasinya di MotoGP.

Marc Marquez (Repsol Honda) dan Valentino Rossi (Petronas Yamaha SRT) kembali turun di Sirkuit Jerez, Spanyol. Usai akhir pekan lalu mengikuti balapan MotoGP Spanyol, kali ini dua jagoan MotoGP tersebut tampil di tes resmi yang dilangsungkan di Sirkuit Jerez pada Senin (03/05) malam WIB.

Baik Rossi dan Marquez sama sama gagal memberikan performa terbaiknya. Rossi hanya mampu finis di posisi ke-12 dan terpaut 0,812 detik dari pebalap tercepat, Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha). Marquez jusru lebih tidak beruntung, ia harus puas menduduki posisi ke-16 dan tertinggal 1,424 detik dari Maverick Vinales. Hal tersebut pun menimbulkan persepsi bahwa dominasi kedua pebalap tersebut bakal berakhir.

Selepas MotoGP 2018, performa Rossi terus merosot. Terakhir saat MotoGP musim 2020, ia hanya mampu menyelesaikan kompetisi di peringkat ke-15.

Hal tersebut menjadi pencapaian terburuk Valentino Rossi semenjak turun di kelas premier pada 2000.

Dalam empat balapan awal MotoGP musim ini, Rossi baru membawa pulang empat poin dari MotoGP Qatar. Sedangkan pada tiga balapan lainnya, yakni MotoGP Doha, Portugal, dan Spanyol, ia gagal mendapatkan poin.

Saat tampil di MotoGP Spanyol, Rossi finis di urutan ke-17, sedangkan Marc Marquez, menempati posisi kesembilan.

Marquez dikhawatirkan tak akan mampu kembali tampil cepat layaknya Jorge Lorenzo. Lorenzo sempat mengalami cedera parah pada 2018, dan pada musim berikutnya ia mengalami penurunan performa. Setelah menempati peringkat ke-19 klasemen akhir MotoGP 2019, Lorenzo memutuskan pensiun meski pada usianya yang saat itu menginjak 32 tahun, masih dianggap mampu tampil kompetitif.

Perlu diketahui bahwa saat ini Rossi mengoleksi tujuh gelar juara dunia, lebih unggul satu trofi dari Marquez. Tentunya apabila Marquez memutuskan hengkang dari MotoGP, ia tak akan mampu menyalip prestasi Rossi tersebut.