Joan Mir Sebut Penurunan Performa Marc Marquez Wajar
1 min read

Joan Mir Sebut Penurunan Performa Marc Marquez Wajar

Joan Mir

Berita MotoGP: Joan Mir mengungkapkan bahwa ketidakmampuan Marc Marquez kembali tampil cepat di musim ini disebabkan karena ia hampir semusim tidak membalap.

Marc Marquez akhirnya kembali balapan usai sembilan bulan menepi dari lintasan akibat cedera lengan tangan kanannya. Usai mengikuti dua perlombaan MotoGP 2021, Marc Marquez belum menunjukkan tanda-tanda bakal mampu tampil mendominasi kembali.

Pebalap berjuluk The Baby Alien itu selama dua perlombaan terakhir MotoGP Portugal dan MotoGP Spanyol, hanya mampu finis ketujuh dan kesembilan.

Melihat penampilan Marquez yang belum kembali melaju cepat di lintasan, Joan Mir pun memberikan tanggapannya. Mir mengungkapkan bahwa ia tidak memandang sebelah mata kualitas Marquez sebagai pebalap hebat di MotoGP. Namun, ia berpendapat bahwa penurunan performa Marquez adalah hal wajar karena tak menunggangi motor selama semusim.

Mir menyebut Marquez hanyalah pebalap biasa setelah tidak mencetak podium pada dua balapan terakhir MotoGP 2021.

"Marc adalah pebalap yang perlu diperhatikan, bahkan jika situasi rumit menghampirinya. Mungkin dia merasa setelah mendominasi 2019 dan awal 2020, akan lebih mudah kembali ke jalurnya sendiri," jelas Mir seperti yang dikutip dari GPone.

"Sayangnya Marquez tak bisa semudah itu, karena Anda akan menderita jika berhenti setahun di MotoGP. Dalam beberapa tahun terakhir, banyak yang menilai Marc adalah alien, tetapi kami telah melihat bahwa dia adalah manusia biasa seperti kita semua," tambahnya.

Salah satu yang menjadi faktor Marquez belum menunjukkan tanda-tanda kompetitif lagi adalah ketatnya persaingan pada balapan MotoGP musim ini. Saat ini para pebalap yang telah meningkatkan level untuk melesat di lintasan.

"Level MotoGP telah meningkat dan ada daya saing yang hebat di lintasan. Dia benar-benar pebalap berbakat, jika dia masuk 10 besar, kami hanya bisa mengatakan dia mendapat hasil baik,” tutur Joan Mir.

Marquez kini menempati posisi ke-15 dalam klasemen sementra dengan koleksi 16 poin.