Jika Pensiun dari MotoGP, Valentino Rossi Ingin Beralih ke Balap Mobil
2 min read

Jika Pensiun dari MotoGP, Valentino Rossi Ingin Beralih ke Balap Mobil

Pembalap Petronas Yamaha, Valentino Rossi
Pembalap Petronas Yamaha, Valentino Rossi

VIVA – Pembalap Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi, tak menutupi ambisinya ingin tetap balapan di MotoGP hingga 2022. Namun, dia menyadari, harus mendapatkan hasil positif pada musim ini jika ingin mendapatkan perpanjangan kontrak dari Yamaha.

Jika di MotoGP musim ini Rossi gagal total, maka dia sudah memutuskan untuk banting setir ke ajang balap mobil. Hal tersebut dia ungkapkan pada Rabu 28 April 2021.

Rossi diketahui hanya mendapatkan kontrak selama setahun dengan Yamaha, dan diturunkan ke tim satelit Petronas Yamaha SRT. Kendati tetap menunggangi motor YZR-M1 spesifikasi pabrikan, Rossi harus membuktikan dirinya tetap kompetitif.

Team Principal SRT, Razlan Razali, menegaskan, 6 sampai 7 seri pada MotoGP 2021 menjadi periode krusial bagi masa depan Rossi.

"6-7 balapan pertama bakal krusial. Kami harus melihat di mana level Vale berada. Dia pembalap yang berpengalaman. Dia akan mengevaluasi performanya usai 6-7 balapan pertama, sebelum ambil keputusan," ucap Razali.

Nantinya, Rossi akan mengambil keputusan terkait masa depannya di MotoGP usai seri di Finaldia pada Juli 2021 mendatang.

"Saya akan ambil keputusan pada rehat musim panas, atau pada pertengahan musim. tetapi, keputusan saya tergantung pada hasil. Jika saya kuat, dan bisa memperebutkan podium serta kemenangan, maka saya bisa lanjut setahun. Jika tidak, maka saya tak akan lanjut balapan," ujar Rossi kepada Motosport-Total, Rabu 28 April 2021.

"Memang, ini bukan keputusan mudah. Mungkin mereka akan bilang bahwa saya tak punya pilihan lagi. Hidup saya (usai pensiun) nanti akan berubah drastis, tapi saya tak cemas. Saya punya karier yang sangat panjang dan senang. Jika Anda pensiun usai 26 tahun berkarier, tentu ada sesuatu yang pasti berubah," ucapnya.

Lebih lanjut, Rossi kembali mengungkapkan, bahwa dirinya ingin beralih berprofesi menjadi pembalap mobil ketika sudah pensiun dari MotoGP.

Diketahui, Rossi memang merupakan penggemar balap mobil, karena dia sudah beberapa kali menjalani uji coba Formula One (F1), ikut Kejuaraan Reli Dunia (WRC), berkali-kali menjuarai Monza Rally Show, dan belakangan mengikuti ikut ajang balap ketahanan mobil.

"Jika saya berhenti berkompetisi di MotoGP, maka saya ingin berkompetisi di ajang-ajang balap mobil selama beberapa tahun. Saya ingin ikut 24 Hours of Le Mans dan balapan-balapan ketahanan lainnya. Tentu saja, impian saya adalah membela Ferrari," ungkap pembalap berusia 42 tahun tersebut.

"Namun, Anda harus lihat dulu di mana level saya berada. Sebab, dalam ajang balap mobil juga banyak pembalap yang cepat dan tangguh. Saya juga cukup cepat dengan mobil, tapi saya tak tahu apakah bisa mencapai level mereka. Akan tetapi, sangat menyenangkan jika mencoba," tuturnya.

Rossi sendiri dipastikan akan kembali turun di lintasan pada MotoGP Spanyol 2021 di Sirkuit Jerez pada 30 April-2 Mei 2021. Dia saat ini masih berada di peringkat 19 klasemen sementara pembalap MotoGP dengan perolehan 4 poin.