Jadwal MotoGP Spanyol: Valentino Rossi Selalu Punya Masalah
1 min read

Jadwal MotoGP Spanyol: Valentino Rossi Selalu Punya Masalah

Pembalap Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi. REUTERS/Pedro Nunes
Pembalap Petronas Yamaha SRT Valentino Rossi terus berjuang dengan cengkaraman ban belakang menjelang sesi balapan MotoGP Spanyol.

NONTONGP.COM, Jakarta - Pembalap Petronas Yamaha SRT Valentino Rossi terus berjuang dengan cengkaraman ban belakang menjelang sesi balapan MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez, Ahad, 2 Mei 2021. Hal itu membuat pembalap asal Italia tersebut harus keluar dari barisan 10 besar pembalap sejak sesi latihan pertama sampai sesi kualifikasi.

"Kami memiliki pengaturan yang berbeda dan saya merasa lebih nyaman karena saya dapat memasuki tikungan lebih cepat. Kami juga coba untuk memperbaiki riding style pastinya, karena ban ini sangat empuk, jadi saya harus coba pakai dengan cara yang sangat mulus," kata Rossi dikutip dari Crash.

Sempat mengalami kemajuan pada sesi latihan ketiga, Sabtu pagi, Rossi kembali tergelincir pada pada sesi latihan keempat pada sore harinya. Ia harus puas di posisi ke-19, sedangkan ia harus mengawali balapan di posisi ke-17 dari 23 pembalap.
"Saya memiliki potensi lebih dari ini, tetapi pada sore hari kami mengalami beberapa masalah dengan elektronik dan sejujurnya saya tidak dapat memberikan yang maksimal," kata juara dunia sembilan kali MotoGP tersebut.

Pembalap berjuluk 'The Doctor' tersebut meneruskan, "Sekarang kami bekerja dan kami mencoba memperbaikinya untuk balapan hari ini. Saya memang tidak tampil fantastis tetapi saya sedikit lebih baik daripada yang terlihat. Jadi kami harus mencoba sesuatu yang lain dalam pemanasan dan memutuskan ban untuk balapan."

Rossi mencoba ban belakang keras dan medium pada latihan terakhir. "Saya berharap ban belakang keras bisa bekerja seperti di Portimao, tapi sayangnya saya rasa performa ban keras terlalu jauh dari medium. Tingkat cengkeramannya rendah, tidak cukup. Menurut saya, mayoritas pembalap akan memilih medium belakang."

"Jika Anda memiliki kecepatan yang baik di sini, Anda dapat menyalip, tetapi selalu sulit. Saya tidak memiliki strategi tertentu, dapatkan awal yang terbaik dan lihat apa yang terjadi." Sementara itu, rekan setim Valentino Rossi, Franco Morbidelli, menempati posisi kedua di grid, di belakang pembalap pabrikan Yamaha Fabio Quartararo.