Indonesian Racing Team Sukses Raih 2 Podium di GP Spanyol
2 min read

Indonesian Racing Team Sukses Raih 2 Podium di GP Spanyol

Dok. FOGM2
Fabio Di Giannantonio saat balapan di Moto2 Portugal 2021

NONTONGP.COM - Indonesian Racing Team sukses meraih dua podium dari Grand Prix Spanyol yang dihelat di Sirkuit Jerez pada Minggu (2/5/2021).

Dua podium itu didapat dari kelas Moto2 dan Moto3.

Dari Moto2, Indonesian Racing Team bersama Federal Oil Gresini sukses mengantar Fabio Di Gianannantonio (DiGGia) menjadi pemenang balapan.

DiGGia tampil sangat solid karena sudah memimpin sejak lap pertama hingga akhir balapan Moto2 Spanyol.

DiGGia keluar sebagai pemenang Moto2 Spanyol dengan keunggulan 1,722 detik dari pebalap SKY Racing Team VR46, Marco Bezzecchi, yang finis di urutan kedua.

Kemenangan di Sirkuit Jerez mengatrol posisi DiGGia ke peringkat lima klasemen pebalap Moto2 2021 dengan koleksi 52 poin.

DiGGia untuk sementara tertinggal 17 poin dari pebalap Red Bull KTM Ajo, Remy Gardner, yang memimpin klasemen.

Beralih ke Moto3, Indonesian Racing Team Gresini Moto3 sukses mengantar Jeremy Alcoba naik podium ketiga balapan Moto3 Spanyol.

Perjuangan Jeremy Alcoba untuk naik podium Moto3 Spanyol sangat berat karena sempat menjalani hukuman Double Long Lap Penalty.

Hukuman itu harus dijalani Alcoba karena dirinya dianggap sengaja mengendarai motornya dengan pelan pada sesi kualifikasi pertama (Q1).

"Beruntung" bagi Alcoba karena pada lap terakhir Moto3 Spanyol sempat terjadi insiden yang membuat tiga pebalap mengalami crash.

Alcoba yang berhasil lolos dari insiden tersebut pada akhirnya sukses menyodok ke peringkat ketiga hingga akhir balapan Moto3 Spanyol.

Adapun pebalap Indonesian Racing Team Gresini Moto3 lainnya, yakni Gabriel Rodrigo, mengalami nasib sial.

Gabriel Rodrigo mengalami kecelekaan highside di tikungan 7 saat memimpin balapan Moto3 Spanyol.

Kecelakaan itu membuat Gabriel Rodrigo tidak bisa melanjutkan balapan karena harus segera dirawat.

Selain Moto3 dan Moto2, Indonesian Racing Team juga mengikuti MotoE dan MotoGP.

Namun, Indonesian Racing Team gagal mendapatkan podium pada balapan MotoE dan MotoGP di Sirkuit Jerez.

Di MotoE, Tim Indonesian E Racing Gresini MotoE, melalui pebalapnya Matteo Ferrari dan Andrea Mantovani, sukses merebut posisi ke-6 dan ke-8.

Kesuksesan Ferrari finis di posisi keenam bisa dikatakan hasil yang luar biasa. Sebab, Ferrari memulai balapan MotoE Spanyol dari urutan paling buncit.

Beralih ke MotoGP, Indoensian Racing Team bersama Aprilia Racing Team Gresini sukses mengantar Aleix Espargaro finis di urutan keenam MotoGP Spanyol.

Pencapaian Aleix Espargaro membuat Indonesian Racing Team bersama Aprilia Racing Team Gresini kini menempati peringkat tujuh dalam daftar tim terbaik MotoGP 2021.

Seusai gelaran Grand Prix Spanyol, Rocky Soerapoetra selaku Principal Indonesian Racing Team mengaku sangata bersyukur.

Rocky menilai prestasi di Grand Prix Spanyol adalah bukti bahwa Indonesian Racing Team bisa bersaing di level tertinggi balap motor.

"Saya sangat bahagia dan bangga dengan keberhasilan Indonesian Racing meraih podium juara di ajang balap Moto2 dan Moto3," kata Rocky dikutip dari siaran pers yang diterima.

"Sebuah kebanggaan melihat nama Indonesia menjadi juara di ajang balap kelas dunia ini," kata Rocky menambahkan.

"Keberhasilan Indonesian Racing masuk di posisi 6 besar baik di MotoE dan MotoGP juga sebuah pencapaian yang patut disyukuri," ujar Rocky menambahkan.

"Semoga di race berikutnya, Indonesian Racing bisa meraih prestasi yang lebih baik," ujar Rocky.

Penulis: M. Hafidz ImaduddinEditor: Eris Eka Jaya