Hasil FP3 MotoGP Spanyol 2021: Taakaki Nakagami Tercepat, Marc Marquez Terjatuh
2 min read

Hasil FP3 MotoGP Spanyol 2021: Taakaki Nakagami Tercepat, Marc Marquez Terjatuh

Hasil FP3 MotoGP Spanyol 2021: Taakaki Nakagami Tercepat, Marc Marquez Terjatuh
Pebalap LCR Honda, Takaaki Nakagami. Foto: TOSHIFUMI KITAMURA / AFP

Takaaki Nakagami menyegel status sebagai pebalap tercepat dalam sesi latihan bebas ketiga (FP3) MotoGP Spanyol 2021. Berlangsung di Sirkuit Jerez, Sabtu (1/5) sore WIB, pebalap LCR Honda itu mencatatkan waktu tercepatnya 1 menit 36.985 detik.

Nakagami lebih cepat 0,025 detik dari pebalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo, yang finish di posisi kedua. Dan, selisih 0,041 detik dari Stefan Bradl di tempat ketiga.

Adapun peringkat keempat dan kelima menjadi milik Joan Mir dan Aleix Espargaro. Sementara itu, Marc Marquez mengalami kecelakaan pada sesi ini.

Hasil FP3 MotoGP Spanyol 2021: Taakaki Nakagami Tercepat, Marc Marquez Terjatuh (1)
Marc Marquez. Foto: Marcelo Del Pozo/REUTERS

Jalannya FP3 MotoGP Spanyol 2021

FP 3 MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez berlangsung di bawah cerahnya sinar Matahari.

Maverick Vinales, Valentino Rossi, dan Miguel Oliveira langsung tancap gas dan menempati urutan teratas secara berurutan waktu tercepat pada awal-awal sesi ini.

Lima menit sesi berjalan, Marc Marquez berhasil merangsek di urutan kedua. Sementara, Joan Mir menguntit di tempat ketiga. Posisi Vinales di puncak pun berhasil digusur oleh Aleix Espargaro satu menit berselang. Adapun di urutan kelima diisi oleh Johann Zarco.

Hingga menit ke-30, posisi lima besar belum berubah. Adapun di peringkat keenam dan ketujuh diisi oleh Takaaki Nakagami dan Fabio Quartararo.

Juara MotoGP 2020, Joan Mir, berhasil menggusur tempat Marc Marquez di urutan ketiga pada menit ke-26. Brad Binder, pebalap tercepat di FP1, mengalami kecelakaan pada belokan kelima. Ia terlihat tidak mampu melanjutkan sesi ini.

Secara mengejutkan, Franco Morbidelli berhasil menempati urutan pertama ketika sesi memasuki menit ke-20. Namun, posisi pebalap Petronas Yamaha itu tidak berlangsung lama usai digusur oleh Fabio Quartararo lima menit kemudian.

Marc Marquez berhasil menduduki peringkat ketiga pada menit ke-11. Naiknya pebalap honda itu tidak berlangsung lama. Sebab, Jack Miller berhasil melewatinya dua menit berselang.

Menyisakan dua menit, Takaaki Nakagami sukses mencatatkan waktu tercepat. Sementara itu, Stefan Bradl menyodok ke tempat ketiga. Marc Marquez mengalami kecelakaan ketika sesi tinggal menyisakan satu menit.

Adapun tiga teratas adalah Nakagami, Quartararo, dan Bradl. Mir dan Espargaro menguntit di tempat keempat dan kelima.

Sesi MotoGP Spanyol 2021 akan berlanjut pada FP4 yang akan berlangsung pada Sabtu (5/1) pukul 18.30 WIB.

****