Gagal Tercepat di Latihan Bebas, Quartararo Rancang Strategi Baru
1 min read

Gagal Tercepat di Latihan Bebas, Quartararo Rancang Strategi Baru

Gagal Tercepat di Latihan Bebas, Quartararo Rancang Strategi Baru
Fabio Quartararo gaga tercepat pada hari pertama latihan bebas MotoGP Spanyol 2021/Foto/Twitter

Kinerja Fabio Quartararo mengalami peningkatan pada latihan bebas hari pertama MotoGP Spanyol 2021, Jumat (31/4/2021). Tapi, pembalap Tim Monster Energy Yamaha itu masih ingin menjadi yang tercepat.

Quartararo gagal mendapatkan posisi sebagai yang tercepat pada hari pertama latihan bebas di Sirkuit Jerez. Jelang latihan bebas kedua, Sabtu (1/5/2021) ini, dia mencari strategi baru demi memaksimalkan laju tunggangannnya.

Pada sesi latihan bebas yang berlangsung Jumat 30 April 2021, Quartararo tidak tampil meyakinkan. Pembalap berusia 22 tahun itu gagal merebut posisi teratas, setelah hanya menempatkan diri di posisi lima besar.

Tapi, di sesi latihan bebas kedua, Quartararo mampu memperbaiki performanya. Meski begitu, hasil tersebut dinilai belum cukup karena Quartararo harus puas menduduki urutan kedua dengan catatan waktu 1 menit 37,387. Angka tersebut masih kalah dari Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) sebagai yang tercepat.

Quartararo mengakui tidak memiliki masalah besar pada motor. Akan tetapi, dia masih kurang senang dengan ban bekas yang digunakan dalam sesi latihan bebas pertama dan kedua. Dia merasa ada yang tidak biasa dengan bannya.

"Pertama-tama, saya merasa baik dengan motornya, itu penting. Kami memiliki kecepatan yang bagus, tetapi kami kesulitan dengan ban bekas yang aneh," ungkap Quartararo, mengutip dari laman resmi Yamaha, Sabtu (1/5/2021).

"Tahun lalu, ketika kondisinya jauh lebih panas, saya merasa tidak ada penurunan pada ban bekas belakang," tambahnya.

"Hari ini (kemarin), saya merasakan penurunan yang cukup besar di pagi dan sore hari, jadi kami perlu memeriksa apa yang terjadi," lanjutnya.

Meski begitu, Quartararo sudah menyiapkan strategi baru untuk melakoni sesi latihan bebas ketiga hingga kualifikasi. Ia merasa percaya diri bahwa itu akan berhasil dan memiliki kesempatan besar untuk mempertahankan kemenangannya di Sirkuit Jerez.

"Kami sudah memiliki ide yang jelas tentang apa yang harus dicoba besok (hari ini), dan saya pikir itu akan berhasil," sambungnya.

"Saya merasa hebat dan sangat percaya diri dengan motornya," ujar pembalap berpaspor Prancis tersebut.