Gagal Mentereng di FP2 MotoGP Spanyol 2021, Marc Marquez Akui Simpan Tenaga
2 min read

Gagal Mentereng di FP2 MotoGP Spanyol 2021, Marc Marquez Akui Simpan Tenaga

Gagal Mentereng di FP2 MotoGP Spanyol 2021, Marc Marquez Akui Simpan Tenaga
Marquez mengaku tak tampil maksimal pada sesi latihan bebas kedua (FP2) MotoGP Spanyol 2021.

JEREZ – Pembalap Tim Repsol Honda, Marc Marquez, mengaku tak tampil maksimal pada sesi latihan bebas kedua (FP2) MotoGP Spanyol 2021. Ia mengatakan memiliki alasan tersendiri untuk tidak mengerahkan seluruh tenaganya di Sirkuit Jerez, Jumat 30 April 2021 malam WIB.

Pada sesi latihan bebas kedua, Marquez sendiri harus puas menempati urutan ke-16 dengan catatan waktu 1 menit 38,295 detik. Hal ini berbeda dengan sesi latihan bebas pertama (FP1), di mana ia menempati tiga besar dan menduduki urutan tiga besar.

Marc Marquez
Marc Marquez

Marquez sendiri memang melewatkan sesi time attack ketika tampil di FP2. Tetapi, memutuskan untuk tidak melakukannya karena ia ingin menyimpan tenaganya pada saat balapan yang akan berlangsung Minggu 2 Mei 2021 malam WIB.

Keputusan tersebut ia ambil karena merasa kehilangan kekuatan di lengan kanannya setelah menjalankan sesi latihan bebas pertama. Alhasil, ia tidak ingin mengambil risiko besar dengan tak menunjukkan penampilan maksimalnya di sesi latihan bebas kedua.

“Hari ini saya berkonsentrasi dari FP1 ke FP2 bagaimana evolusi tubuh saya dan di FP1 saya langsung merasa oke,” ungkap Marquez, mengutip dari Motorsport, Sabtu (1/5/2021).

“Lalu di FP2 saya merasa ada yang berubah, dan di FP1 saya bisa mengendarai sesuka saya dengan siku ini,” tambahnya.

“Saya bermain dengan tubuh, tetapi kemudian tiba-tiba di FP2 saya keluar dan saya merasakan sesuatu seperti saya tidak membalap seperti biasanya,” lanjutnya.

“Kemudian saya melakukan beberapa lap untuk memahami posisi saya di motor saya dan segera saya merasakan kurangnya tenaga di otot, terutama di trisep, bahu di punggung, kurangnya tenaga dan posisi siku tidak sama seperti di FP1,” sambungnya.

Marc Marquez
Marc Marquez

Meski begitu, Marquez tidak ingin mempermasalahkan hal tersebut. Pembalap berjuluk The Baby Alien itu yakin bahwa ia masih membutuhkan waktu karena baru saja menjalani comeback di MotoGP Portugal pada 18 April 2021.

“Ini hanya masalah waktu untuk membiasakan diri dengan otot, tetapi ketika saya ingin menggunakannya, saya bisa menggunakan. Ketika saya ingin mendorong saya bisa mendorong,” pungkasnya.