FP2 MotoGP Spanyol: Bagnaia Tercepat Rossi Anjlok
2 min read

FP2 MotoGP Spanyol: Bagnaia Tercepat Rossi Anjlok

KBRN, Jakarta: Hasil sesi Free Practice 2 MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez, Spanyol, pada hari Jumat (30/4/2021) malam tadi menunjukkan Francesco Bagnaia menjadi yang tercepat di Sirkuit Jerez, sedangkan Valentino Rossi harus tercecer di posisi ke-21.

Pembalap pabrikan Lenovo Ducati Francesco Bagnaia memuncaki FP2 dengan aksi yang menarik di MotoGP Spanyol, setelah menetapkan waktu lap 1 menit 37,209 detik, 0,8 detik lebih cepat dari waktu FP1 Brad Binder.

Lap tercepat Bagnaia cukup untuk mengamankan posisi teratas di depan pemimpin klasemen Fabio Quartararo dan Aleix Espargaro, yang mendominasi awal sesi siang, sama seperti FP1.

Lap impresif Bagnaia awalnya membuatnya empat persepuluh lebih cepat dari sisa lapangan, sebelum Quartararo memperkecil jarak menjadi + 0,178 detik dengan waktu tersisa.

Awal FP2 MotoGP Spanyol berlangsung seru. Setidaknya lima pembalap terlibat dalam persaingan memburu predikat tercepat. Fabio Quartararo, Maverick Vinales, Johann Zarco, Aleix Espargaro dan juara bertahan Joan Mir.

Espargaro dari Aprilia sekali lagi menunjukkan performa tangguh yang ia dan motor RS-GP-nya saat ia finis tercepat ketiga. Tampaknya semakin mungkin bahwa podium ada dalam jangkauan Espargaro, apalagi jika mengingat performanya hari ini.

Peningkatan performa Franco Morbidelli yang dimulai terakhir kali di Portimao tampaknya berlanjut, saat ia finis keempat pada akhir hari pertama. Pembalap Petronas Yamaha itu mengumpulkan beberapa langkah awal yang mengesankan yang membuatnya tercepat sebelum para pembalap melakukan time-attack.

Pembalap Petronas Yamaha SRT itu bahkan bisa mempertajam catatan waktunya menjadi 1 menit 37,704 detik.

Sedangkan untuk Valentino Rossi, ia sempat masuk ke peringkat kedua, namun tak bisa lama bertahan, ketika rekan satu tim Rossi, Franco Morbidelli muncul sebagai pembalap tercepat keempat.

Marc Marquez yang di FP1 menempati peringkat ketiga mulai unjuk kecepatan setelah melewati pertengahan FP2. Pembalap Repsol Honda itu sempat merangsek ke posisi enam besar.

Saat Aleix Espargaro, Stefan Bradl, Quartararo, dan Vinales kesulitan mendekati catatan waktu Morbidelli, Takaaki Nakagami justru bisa melaju kencang dan menduduki peringkat kedua.

Takaaki Nakagami finis menjadi pembalap tim Honda tercepat dan meraih peringkat keenam pada FP2 ini. Kondisi pembalap Jepang itu tampaknya juga meningkat pesat setelah kecelakaan yang menyakitkan di Portugal dua minggu lalu.

Untuk peringkat ketujuh tercepat adalah Miguel Oliveira, tapi kali ini dia tercepat di antara pembalap KTM. Di urutan sepuluh besar adalah Alex Rins di urutan kedelapan untuk Suzuki, Johann Zarco kesembilan untuk Pramac Ducati, sementara Binder tercepat kesepuluh setelah memimpin sesi pagi.

Untuk nama-nama besar seperti Marc Marquez, Valentino Rossi, Jack Miller dan Joan Mir menjadi beberapa pembalap yang berharap untuk meningkatkan waktu mereka selama FP3 hari Sabtu nanti, jika tidak maka akan menghasilkan penampilan Q1 yang buruk.

Khusus bagi The Doctor, ia memiliki tugas lebih berat untuk meningkatkan kecepatannya setelah hanya menempati posisi ke-21 di FP2 ini. Selanjutnya, MotoGP Spanyol akan dilanjutkan FP3, dan kualifikasi hari Sabtu (1/5/2021) nanti malam.

Hasil 10 Besar FP2 MotoGP Spanyol 2021:

1. Francesco Bagnaia 1 menit 37,209 detik

2. Fabio Quartararo +0,178 detik

3. Aleix Espargaro +0,437 detik

4. Franco Morbidelli +0,495 detik

5. Maverick Vinales +0,517 detik

6. Takaaki Nakagami +0,566 detik

7. Miguel Oliveira +0,607 detik

8. Alex Rins +0,638 detik

9. Johann Zarco +0,679 detik

10. Brad Binder +0,687 detik