Disuntik Dana Perusahaan Minyak Saudi, Tim Rossi Berlaga di MotoGP
1 min read

Disuntik Dana Perusahaan Minyak Saudi, Tim Rossi Berlaga di MotoGP

Disuntik Dana Perusahaan Minyak Saudi, Tim Rossi Berlaga di MotoGP

Valentino Rossi memiliki tim sendiri untuk berlomba di ajang MotoGP musim depan. Impian itu terwujud setelah Rossi mendapat suntikan dana dari Aramco, sebuah perusahaan minyak dan gas asal Arab Saudi. Aramco Racing Team VR46 pun dipilih sebagai nama untuk tim balap Rossi.

”Tim VR46 akan memulai debut di kelas MotoGP bersama Tanal Entertainment Sport & Media serta Saudi Aramco sebagai sponsor utama baru, mulai 2022 hingga 2026”. Demikian keterangan pers yang dirilis Tanal Entertainment Sport & Media seperti dikutip Crash.

Hingga kini, belum ada kepastian tentang motor yang dipakai Aramco Racing Team VR46 di MotoGP musim depan. Rumor yang beredar menyebut Rossi akan memilih Suzuki dan menyandang status sebagai tim satelit pabrikan asal Jepang tersebut.

Di sisi lain, Rossi juga belum memutuskan bakal balapan pada 2022. Juara dunia sembilan kali itu saat ini hanya memiliki kontrak satu tahun dengan Petronas Yamaha. Kans untuk tetap membalap pada musim depan, rasanya, semakin sulit.

Apalagi jika menilik performa Rossi pada awal musim ini. Dari tiga race awal, Rossi belum pernah menapak podium. Ini adalah capaian terburuk bagi Rossi sejak 2012. Bedanya, pada 2021, dia masih bisa dua kali menembus lima besar.

Tahun ini Rossi hanya finis di posisi ke-12 dan ke-16 untuk dua race di Qatar serta gagal finis pada GP Portugal di Sirkuit Internasional Algarve, Portimao (18/4). Namun, Rossi optimistis mampu bangkit pada race selanjutnya.

Apalagi, balapan itu akan dihelat di salah satu sirkuit favoritnya. Yakni, GP Spanyol di Sirkuit Jerez, Cadiz, yang bakal diadakan pada Minggu akhir pekan ini (2/5). ”Jerez menjadi salah satu yang saya nantikan tiap tahun karena banyak kenangan manis di sana. Tetapi, semua pembalap juga akan melaju dengan baik di Jerez karena sudah familiar,” ujar Rossi kepada Sky Sports. (jpg)