Bukti Marc Marquez Manusia Biasa: Belum Naik Podium Usai Comeback ke MotoGP
2 min read

Bukti Marc Marquez Manusia Biasa: Belum Naik Podium Usai Comeback ke MotoGP

Foto: Twitter @marcmarquez93
Marc Marquez

NONTONGP.COM - Juara bertahan MotoGP dari Suzuki Ecstar, Joan Mir, kembali mengomentari performa Marc Marquez (Repsol Honda) yang baru saja pulih dari cedera retak tulang lengan kanan.

Kisah comeback Marc Marquez setelah menepi selama kurang lebih sembilan bulan, sejauh ini belum memuaskan para penggemarnya.

Marc Marquez pertama kali kembali ke lintasan dengan mengikuti MotoGP Portugal pada pertengahan April 2021.

Pebalap dengan julukan The Baby Alien itu sempat menggebrak ketika berhasil menempati peringkat ketiga pada sesi latihan bebas pertama (FP1) MotoGP Portugal.

Namun, Marc Marquez gagal mempertahankan performanya hingga saat balapan.

Marc Marquez yang memulai balapan MotoGP Portugal dari posisi keenam harus puas dengan raihan sembilan poin seusai finis di urutan ketujuh.

Hasil yang nyaris serupa juga didapatkan Marc Marquez ketika mengikuti MotoGP Spanyol 2021 yang dihelat di Sirkuit Jerez pada Minggu (2/5/2021).

Balapan MotoGP Spanyol 2021 bisa disebut ujian mental untuk Marc Marquez. Sebab, Sirkuit Jerez adalah tempat kejadian kecelakaan highside yang menimpa Marc Marquez tahun lalu.

Kecelakaan itulah yang membuat Marc Marquez harus tiga kali naik meja operasi akibat cedera retak tulang lengan kanan.

Cedera itu pada akhirnya juga membuat Marc Marquez harus rela melihat gelar juara dunia MotoGP yang dia genggam enam kali dalam tujuh tahun terakhir berpindah ke Joan Mir musim lalu.

Tragedi itu nampaknya masih membayangi Marc Marquez saat kembali ke Sirkuit Jerez tahun ini.

Dua kecelakaan yang dialami Marc Marquez sebelum balapan MotoGP Spanyol 2021 menjadi buktinya.

Kecelakaan pertama terjadi pada FP3 MotoGP Spanyol. Marquez saat itu kehilangan cengkeraman di roda depan saat memacu motornya dalam kecepatan 180 km/jam ketika memasuki Tikungan 7.

Akibatnya, Marc Marquez terjatuh dan terseret melewati gravel trap (tumpukan pasir) sebelum akhirnya menabrak air fence alias pagar pembatas sirkuit.

Kecelakaan kedua yang menimpa Marc Marquez terjadi saat sesi warm up atau pemanasan beberapa jam menjelang balapan MotoGP Spanyol dimulai.

Kali ini Marc Marquez terjatuh ketika hendak melewati tikungan 4. Beruntung bagi Marc Marquez karena dua kecelakaan itu tidak menghalangi dirinya untuk mengikuti balapan MotoGP Spanyol.

Namun, Marc Marquez tetap gagal naik podium di Sirkuit Jerez setelah finis di urutan ke-9.

Marc Marquez kini terdampar di peringkat ke-15 klasemen pebalap MotoGP 2021 dengan koleksi 16 poin, tertinggal 50 angka dari Francesco Bagnaia (Ducati) yang memimpin.

Melihat Marc Marquez kesulitan bersaing setelah pulih dari cedera, Joan Mir hanya bisa memaklumi.

Joan Mir juga menilai hasil MotoGP Portugal dan MotoGP Spanyol menjadi bukti bahwa Marc Marquez adalah manusia biasa.

Menurut Joan Mir, Marc Marquez saat ini sudah jauh tertinggal dari pebalap top MotoGP lainnya. Hal itu tidak lepas dari fakta bahwa Marc Marquez sempat absen selama sembilan bulan.

Atas dasar itu, Joan Mir menilai Marc Marquez harus bekerja lebih keras lagi tidak hanya untuk mengembalikan performanya melainkan juga demi mengejar ketertinggalan dari pebalap lain.

"Marc Marquez tentu saja adalah salah satu pebalap yang harus terus dipantau meskipun situasinya sekarang cukup rumit," kata Joan Mir dikutip dari situs GP One.

"Mungkin Marquez sempat berpikir dirinya tidak akan mendapatkan kesulitan ketika kembali balapan. Mungkin dia akan berkata 'Saya Marquez dan saya akan melakukan apa yang saya inginkan!'," ujar Joan Mir.

"Namun, kenyataan di lapangan tidak bisa seperti itu. Seorang pebalap pasti akan menderita jika satu tahun tidak balapan," ucap Joan Mir.

"Dalam beberapa tahun terakhir, banyak orang menilai Marc Marquez adalah alien. Namun, kita semua sekarang sudah tahu bahwa Marc Marquez adalah manusia biasa, sama seperti kita," kata Joan Mir menambahkan.

"Semua orang tahu Marc Marquez adalah pebalap berbakat. Namun, level persaingan di MotoGP terus meningkat. Jika Marc Marquez finis di urutan ke-10, kita semua hanya bisa memaklumi," tutur Joan Mir.

Terdekat, Marc Marquez dan seluruh pebalap lainnya akan bersiap menghadapi MotoGP Perancis.

MotoGP Perancis merupakan seri kelima Kejuaraan MotoGP 2021 yang akan dihelat di Sirkuit Le Mans pada 14-16 Mei mendatang.

Penulis: M. Hafidz ImaduddinEditor: Aloysius Gonsaga AE