Alasan Valentino Rossi Pakai Nomor 46 untuk Motornya
1 min read

Alasan Valentino Rossi Pakai Nomor 46 untuk Motornya

Gareth Harford
Valentino Rossi saat balapan di seri pertama MotoGP 2021 di Sirkuit Losail, Qatar

NONTONGP.COM - Gelaran ajang balap MotoGP 2021 menjadi musim ke-26 bagi pebalap Valentino Rossi untuk berkompetisi di kelas tertinggi balap motor Grand Prix.

Valentino Rossi memutuskan berpindah tim dengan bergabung dengan tim Petronas Yamaha SRT setelah selama 15 tahun menjadi bagian dari tim pabrikan Yamaha.

Meskipun berganti seragam tim, Valentino Rossi tetap mempertahankan ciri khasya yakni memilih nomor 46 yang terpasang di bagian depan motor balapnya.

Nomor balap 46 sejatinya telah lekat dengan Valentino Rossi, yang memakainya sejak melakukan debut di kelas 125 cc pada 1996.

Bahkan, ketika menjadi juara dunia kelas MotoGP pada tujuh kesempatan berbeda dalam periode 2001 hingga 2009, Valentino Rossi tetap memakai nomor 46 dan melepas haknya menggunakan nomor 1.

Keputusan memilih nomor balap 46 diambil Valentino Rossi dengan latar belakang keluarga, tepatnya berkaitan dengan sang ayah, Graziano Rossi.

Alasan seorang Valentino Rossi menggunakan nomor balap 46 karena mengikuti jejak sang ayah, yang juga seorang pebalap motor hingga pensiun pada 1980.

Seperti mengutip dari buku Rossi Sang Legenda (2018) oleh Michel Turco, nomor balap 46 dipakai Graziano Rossi ketika meraih gelar juara balap motor Grand Prix untuk kali pertama pada 1979.

Tepatnya ketika turut menjadi peserta kejuaraan dunia balap motor kategori 250 yang digelar di Sirkuit Rijeka, Yugslavia.

Nomor 46 bahkan sudah menjadi pilihan Valentino Rossi ketika meniti langkah di ajang balap pocket bike di Italia pada 1991 silam.

“Saya selalu akan memakai nomor 46 ketika membalap, semua orang kini mengetahui hal tersebut,” kata Valentino Rossi dalam sebuah wawancara yang dilansir dari laman Motorcycle News.

“Ada waktunya saya merasa sedih ketika memiliki opsi menggunakan nomor 1, karena itu juga angka yang bagus.”

“Namun, saya selalu membalap menggunakan nomor 46 dan lebih memilih memakai nomor 1 di bagian belakang ketika itu.”

Keputusan untuk setia menggunakan nomor balap semula ketimbang angka 1 kemudian diikuti oleh juara dunia lain di kancah MotoGP.

Terakhir, juara dunia MotoGP 2020 yaitu Joan Mir mempertahankan nomor balap 36 alih-alih mengambil hak memakai nomor balap 1 pada gelaran MotoGP 2021.

Penulis: Medikantyo Junandika AdhikresnaEditor: Medikantyo Junandika Adhikresna