Akan Pensiun saat Tak Lagi Kompetitif, Marc Marquez Sindir Valentino Rossi?
2 min read

Akan Pensiun saat Tak Lagi Kompetitif, Marc Marquez Sindir Valentino Rossi?

Akan Pensiun saat Tak Lagi Kompetitif, Marc Marquez Sindir Valentino Rossi?
Marc Marquez mengeluarkan pernyataan yang bisa menyayat hati rider Petronas Yamaha, Valentino Rossi.

JEREZ – Pembalap Tim Repsol Honda, Marc Marquez, menyebut dua hal yang akan membuatnya pensiun dari MotoGP. Hanya saja, ucapan Marc Marquez ini berpotensi menyingung Valentino Rossi, juara dunia tujuh kali kelas premier yang belum memutuskan pensiun dari ajang MotoGP meski sudah tak muda lagi (42 tahun).

“Ketika generasi baru tiba (Marc Marquez akan pensiun). Saya masih merasa kompetitif, tetapi akan ada hari dan waktu untuk menerima bahwa generasi baru telah tiba, lebih baik dari Anda,” kata Marc Marquez mengutip dari The Race, Jumat (30/4/2021).

Marc Marquez
Marc Marquez

(Marquez dan Rossi kerap bersinggungan di lintasan)

“Ketika saya tidak merasa lagi mampu memenangkan balapan, bagi saya lebih baik di rumah saja. Karena saya di sini bertarung untuk mereka semua,” lanjut Marc Marquez.

Ucapan Marc Marquez terasa menohok bagi Valentino Rossi. Bertambahnya usia membuat kualitas Valentino Rossi di atas kuda besi tak sebaik satu dekade yang lalu.

Lepas MotoGP 2018, Valentino Rossi mengalami penurunan performa. Di MotoGP 2018, Valentino Rossi masih sanggup finis di posisi tiga. Namun, memasuki 2019, Valentino Rossi hanya menyelesaikan kompetisi di tangga ketujuh.

Di MotoGP 2020, hasil yang didapat Valentino Rossi jauh lebih buruk lagi. Ia merasakan finis terburuk di sepanjang kariernya di kelas premier, yang mana menempati posisi 15.

Bagaimana musim ini? Valentino Rossi juga jeblok. Dalam tiga race awal MotoGP 2021, Valentino Rossi hanya meraup empat angka! Bahkan kabarnya, Valentino Rossi belum akan pensiun dalam waktu dekat, meski usianya sudah menginjak 42 tahun.

Valentino Rossi
Valentino Rossi

(Valentino Rossi saa turun di MotoGP Portugal 2021)

Tahun depan atau pada MotoGP 2022, tim balap VR46 milik Valentino Rossi akan tampil di kelas MotoGP. Bukan tak mungkin, Valentino Rossi mengisi salah satu dari dua slot di tim tersebut.

Lantas, bagaimana dengan Marc Marquez? Di usia 28 tahun, Marc Marquez sudah menyegel enam gelar juara MotoGP dan dirinya pun masih merasa kompetitif.

Namun, dominasi Marc Marquez diprediksi juga takkan langgeng. Sebab, pembalap-pembalap lain macam Joan Mir, Fabio Quartararo hingga Francesco Bagnaia siap mengakhiri karier Marc Marquez lebih cepat. Sekadar informasi, Marc Marquez mengaku akan pensiun dari MotoGP ketika ada pembalap yang sanggup menggantikan figur dirinya.